Sepe Jadi Ikon Baru Kota Kupang

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Untuk meperkenalkan Pohon Sepe sebagai Ikon dari Kota Kupang, Pemerintah Kota Kupang menggelar Festival Sepe. Festival ini menjadi ajang memperkenalkan sekaligus mempromosikan pohon Sepe sebagai ikon baru ciri khas Kota Kupang, Sebagai Ibu Kota dari Provinsi Nusa Tenggara Timur

“Pohon Sepe atau, dikenal juga sebagai pohon Flamboyan, selalu menebar keindahan di Kota Kupang pada bulan November dan Desember tiap tahun, hal ini menjadi daya tarik tersendiri sehingga dapat menjadi ikon baru di Kota Kupang,” kata Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore saat membuka pegelaran festival Sepe, Sabtu, 30 November 2019.

Dengan adanya festival tersebut, menurut dia, warga ikut terlibat memperkenalkan tanaman Sepe sebagai pohon khas yang unik, dapat tumbuh serta berbunga dengan pemandangan yang terlihat eksotis saat memasuki bulan November dan Desember setiap tahunnya.

“Kedepan festival ini lebih baik lagi, karena kegiatan ini dapat memberikan semangat positif untuk sadar dan ikut terlibat dalam pelestarian lingkungan, sehingga tetap terjaga wajah cantik kota ini,” tambah Jefri.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Kupang, Yanuar Dally menyampaikan festival ini guna memperkenalkan keindahan pohon Sepe juga mempromosikan Pohon Sepe sebagai ikon baru yang menjadi ciri khas kota kasih.

“Festival ini menjadi wadah memperkenalkan, mempromosi sekaligus memberikan pengetahuan dan ketertarikan masyarakat tentang pohon Sepe sebagai salah satu ciri khas kota ini,” kata Yanuar.

Pegelaran Festival Sepe dirancang dan dikemas dengan berbagai even diantaranya lomba Drumband dan lomba public Speaking serta pidato berbahasa inggris bagi pelajar dari tingkat Taman Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Lomba bercerita (Story Telling) dari siswa TK hingga Mahasiswa, lomba foto pariwisata dan
lomba lukis bagi peserta umum serta lomba aksesoris sepe bagi Pengerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) se kota Kupang dengan mengangkat tema pohon Sepe.