UPTD Puskesmas Atambua Selatan Peroleh Akreditasi Utama

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Atambua Selatan, Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan RI-RDTL meraih akreditasi Status Utama.

Diketahui, Puskesmas Atambua saat ini dipimpin oleh dr. Batsheba Elena Corputty, MARS, dan merupakan Puskesmas pertama di wilayah NTT yang memperoleh akreditasi Utama.

Peroleh akreditasi setelah dilakukan survey Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di seluruh Puskesmas se-Indonesia oleh Komisi Akreditasi FKTP Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan sejak 27 November hingga 01 Desember 2019 lalu.

Selain UPTD Puskesmas Atambua Selatan, ada pula empat Puskesmas di Belu yang disurvey yakni Puskesmas Webora, Ainiba dan Wedomu dengan hasil akreditasinya Madya.

Sementara itu untuk Puskesmas Dilumil di Desa Lamaksanulu, Kecamatan Lamaknen belum diketahui hasil survey karena baru selesai dilakukan survey pada Sabtu, 07 Desember 2019 lalu.

dr. Batsheba Elena Corputty, MARS Kepala UPTD Puskesmas Atambua Selatan kepada NTTOnlinenow.com, Senin (9/12/2019) membenarkan Puskesmas Atambua Selatan meraih akreditasi dengan Status Utama setelah melalui survey.

Menurut dr. Elena sapaan akrab, hasil ini perdana diraih Puskesmas Atambua Selatan dibawah kepemimpinanya setelah mengikuti survey dari Komisi Akreditasi FKTP. Dirinya sangat bersyukur, meski baru maju perdana namun dapat meraih hasil akreditasi Status Utama.

“Iya, kita bersyukur meski kita baru perdana maju tapi bisa raih status utama,” ungkap dia.

Dikatakan, dengan prestasi yang diraih ini menjadi motivasi agar pihaknya terus berbenah agar kedepan dapat meraih prestasi dengan Status Paripurna.

Terkait hal itu, dirinya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terutama seluruh staf Puskesmas yang telah bekerja selama enam bulan sehingga dapat meraih prestasinya.

“Terima kasih untuk semua pihak yang sudah mendukung kami. Khususnya semua staf yang sudah bekerja luar biasa mempersiapkan semuanya meski dalam kurun waktu kurang lebih selama enam bulan. Semoga survey tiga tahun mendatang kita bisa raih Status Paripurna,” harap dr. Elena.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belu, Theresia Saik mengaku bangga dengan prestasi akreditasi Status Utama yang diraih Puskesmas Atambua Selatan juga Status Madya yang di raih beberapa Puskesmas lainnya.

“Kita senang dan bangga dengan prestasi yang diraih. Kita juga berterimah kasih untuk teman-teman Puskesmas di Atambua Selatan atas kerja kerasnya sehingga meriah hasilnya,” ujar dia saat dihubungi terpisah.

Lebih lanjut, selain itu disampaikan juga terima kasih kepada Pemerintah Kecamatan, Kelurahan yang telah mendukung dan terlibat sehingga Puskesmas Atambua Selatan dapat meraih prestasi akreditasi Status Utama.