KPA Belu Gandeng CD Bethesda Yakkum Kampanye Peringati Hari Aids Sedunia di PLBN Mota’ain

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kabupaten Belu gandeng CD Bethesda Yayasan Kristen untuk Kesehatan Umum (Yakkum) Yogyakarta menggelar kampanye peringati Hari Aids sedunia tanggal 1 Desember 2019.

Kegiatan yang melibatkan juga BNPP, KKP, Imigrasi Atambua serta Puskesmas Silawan terpusat di kompleks PLBN Mota’ain, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan RI-RDTL, Jumat siang (6/12/2019).

Yosefat Ician selaku koordinator CD Bethesda Yakkum wilayah Belu menuturkan, kegiatan yang dilaksanakan hari ini dalam rangka memperingati hari Aids Sedunia tanggal 1 Desember lalu.

Lebih lanjut, kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan membangun kesadaran, memotivasi pihak lain untuk ikut peduli dalam pencegahan dan penanggulangan HIV Aids di wilayah perbatasan Belu.

“Kita sama-sama dengan KPA Belu gelar kegiatan ini, karena sampai hari ini kita melihat yang konsen menangani HIV Aids itu hanya KPA Belu,” sebut dia.

Sementara realitas jelas Yosef kasus paling tinggi di Belu menimpa ibu rumah tangga (IRT) dari data sejak 2013 sampai 2019 ada 665 kasus dan paling tertinggi terinveksi HIV Aids ada 262 IRT di Belu.

“Mereka tidak tahu karena komunitas pasif dan upaya dilakukan sangat minim dan KPA berjalan sendiri. Karena itu kita berkoordinasi dan sama-sama melakukan upaya-upaya pencegahan terhadap kasus pada ibu di desa,” ujar dia.

Dikatakan, kampanye hari ini kita lebih banyak fokus menekankan kepada upaya selamatkan IRT dan anak-anak sebagai generasi masa depan bangsa dari ancaman penyakit mematikan itu.

“Fokus kegiatan kita di Mota’ain karena jalur lalu lintas warga kedua negara. Kita harap kedepan antar dua negara sinergi dalam mencegah penyebaran HIV Aids,” pinta Yosef.

Sementara itu Marsel Siga selaku koordiantor KPA Cabang Belu menuturkan, kegiatan kempanye peringatan hari Aids sedunia di kompleks PLBN Mota’ain hari ini didukung CD Bethesda Yakkum Yogyakarta.

“Kegiatan hari ini dalam rangka hari Aids Sedunia terpusat di PLBN Mota’ain. Kegiatan kampanye penanggulangan HIV Aids meliputi pembagian pita, bunga, liflet kepada warga di PLBN Mota’ain bahkan warga Timor Leste yang melintas juga warga di pasar Mota’ain,” ucap dia.

“Selain kampanye kita juga membuka layanan HIV bagi warga di PLBN Mota’ain. Nanti pada hari Kamis pekan kita akan lakukan kegiatan out band di sekolah yang berada di Mota’ain dan dalam Kota Atambua,” tambah Siga.