Satgas Yonif R 142/KJ Resmikan Bedah Rumah Warga di Silawan-Belu Perbatasan RI-RDTL

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timir Yonif Raider 142/KJ melakukan peresmian bedah rumah milik warga tepatnya di Kabupaten Belu perbatasan RI-RDTL, Rabu (4/12/2019).

Peresmian rumah layak huni milik warga Hermina Falo di Dusun Aisik, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur wilayah Timor Barat ditandai dengan pengguntingan pita oleh Dansatgas Yonif Raider 142/KJ Letkol Inf. Ikhsanudin didampingi Camat Tasifeto Timur Vence Moruk dan Romo Yoris Giri, Pr.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Desa Silawan beserta perangkat desanya, Kapospol Mota’ain, Danramil Wedomu, pejabat mewakili Bea Cukai, Karantina dan Imigrasi, pengusaha, tokoh adat, tokoh masyarakat serta warga.

Dansatgas Letkol Inf. Ikshanudin dalam mengatakan, kehadiran kami disini selain melaksanakan tugas pokok menjaga wilayah kedaulatan NKRI di perbatasan Belu dengan Timor Leste, tapi juga punya kepedulian kemanusiaan dengan warga di perbatasanseperti hari ini peresmian bedah rumah tidak layak huni.

“Memang kita tidak saudara tapi bersaudara, karena kita ada keterikatan dalam satu bingkai NKRI,” kata Danstgas Pamtas itu.

Jelas dia, kegiatan itu sebagai wujud kepedulian kami terhadap warga di perbatasan negara termasuk hari ini di Desa Silawan. Selain kegiatan ini kami juga melaksanakan bakti sosial untuk membantu warga secara gratis.

“Kegiatan ini tidak sebatas hari ini saja, tapi akan dilakukan selama kami bertugas disini perbatasan Kabupaten Belu,” sebut Ikhsanudin.

Akui dia, pihaknya merasa bersyukur bisa berbagi kasih dengan warga perbatasan seperti memberikan pelayanan kesehatan gratis. Meski tidak seberapa tapi ini tulus dari hati kami untuk masyarakat di wilayah perbatasan termasuk Silawan hari ini.

“Rakyat adalah ibu kandung TNI, bersama rakyat TNI kuat,” akhir Ikhsanudin.

Camat Tasifeto Timur, Vence Moruk menyampaikan limpah terimakasih kepada Satgas Yonif Raider 142/KJ yang sudah peduli membantu warga kurang mampu khusunya di Desa Silawan yang merehab rumah.

“Bantuan ini sangat menyentuh langsung masyarakat di wilayah perbatasan. Karena itu terimakasih dan kami berharap kedepan kegiatan ini terus-menerus dilakukan di desa lain di garis perbatasan Belu dengan Timor Leste,” kata Vence.

Sementara itu Hermina Falo
pemilik rumah menyampaikan terimakasih kepapada Bapak Dansatgas yang sudah membantu rehab rumah saya.

Selanjutnya penyerahan cenderamata dari warga pemilik rumah kepada Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ. Kemudian pembagian sembako secara simbolis oleh Camat Tastim dan Dankipur 1 kepada perwakilan warga.

Untuk diketahui, kegiatan rehab rumah warga tidak layak huni menjadi huni oleh Dankipur I Mota’ain selama empat minggu bulan November. Untuk kegiatan pelayanan kesehatan oleh tim medis Satgas di bantu Puskesmas Silawan.