Pemerintah Kota Kupang Gelar Festival Sepe

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Pohon Sepe sebagai icon Kota Kupang yang berbunga setiap Bulan Nopember – Desember, pada tahun 2019 Pemerintah Kota Kupang mengadakan Festival Sepe, yang diselenggarakan oleh dinas pariwisata Kota Kupang. Festival Sepe dilaksanakan sejak hari Sabtu, 30 Nopember sampai dengan 7 Desember 2019. Kegiatan ini akan berlangsung selama satu minggu, dibuka oleh Wali Kota Dr. Jefritson R. Riwu Kore, MM. MH ditandai dengan lomba drum band antar sekolah di alun-alun Kantor Walikota Kupang.

Hadir pada Festival Sepe Kota Kupang Tahun 2019, Wali Kota Dr. Jefritson R. Riwu Kore, MM. MH, Senator DPD RI asal NTT yang juga Ketua TP PKK, Hilda Riwu Kore-Manafe, SE.MM, para pimpinan Perangkat Daerah, Kepala dan Guru Pembina sekolah peserta lomba.

Dalam sambutannya Wali Kota mengatakan, ini mengingatkan kita, dan seluruh masyarakat, untuk memahami dan melihat keindahan Kota Kupang di bulan Nopember dan Desember setiap tahunnya. Ada pohon yang bunganya indah di setiap ranting pohon yang kita sebut sepe. Sebagai salah satu tanaman unik, tanaman yang bisa hidup di atas karang menjadi daya tarik tersendiri karena ini adalah sebuah icon yang selalu mengindahkan wajah Kota Kasih disetiap akhir tahun.

“Sepe menunjukan bahwa kita sudah dekat pada hari natal, sepe icon dari Kota Kupang, untuk itu, ke depan supaya Pak Dally dan teman-teman semua, agar dapat merancang kegiatan ini sehingga kegiatan ini dapat lebih bagus dan meriah lagi, dan supaya masyarakat bisa tau, masyarakat bisa terlibat langsung dalam festival ini,” ungkapnya.

Walikota juga berharap, dengan kegiatan ini, dapat memberikan semangat yang baik, bagi seluruh masyarakat agar dapat terlibat dalam pelestarian lingkungan, di mana perlu tumbuh kesadaran dan ikut dalam menanam satu pohon sepe bagi setiap kepala rumah tangga, sehingga tetap terjaga wajah cantik kota ini.

“Ini tidak terlepas dari Gerakan Kupang Hijau. Sehingga, adek-adek kita tolong ingatkan bapa dan mama untuk tanam pohon sepe di rumah masing-masing. Supaya, tahun-tahun yang akan datang banyak pohon sepe yang berbunga di Kota Kupang, di setiap sudut Kota ini”. Himbau Wali Kota saat mengakhiri sambutannya.

Ketua Panitia Pelaksana Festival, yang juga Kepala Dinas Pariwisata Kota Kupang, Yanuar Dally SH, M.Si, dalam laporan kegiatan menyampaikan, bahwa pegelaran festival ini bertujuan untuk mempromosikan dan memperkenalkan sepe sebagai icon baru kota Kupang, serta dapat memberikan pengetahuan dan keteratarikan masyarakat, tentang pohon Sepe sebagai salah satu ciri khas Kota Kasih,

Dalam Iven tersebut ini juga akan diramaikan dengan berbagai lomba yakni, Lomba melukis tingkat umum, Lomba Aksesoris Sepe di tingkat PKK Kota, Lomba Drum band tingkat SD dan SMP, Lomba English Spech/Public Speaking tingkat SMP, Lomba Storry telling tingkat SMA dan Mahasiswa, serta Lomba Foto Pariwisata tingkat umum.