Kepala BKPPD Akui Ada 20 PTT Yang Tidak Mengikuti Tes

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah, (BKPPD) Ade Manafe mengatakan, dari hasil tes teori, dan tes Pelatihan Baris Berbaris bagi Pegawai Tidak Tetap, atau PTT yang saat ini sementara berlangsung, ada 20 orang PTT yang tidak mengikuti kedua tes tersebut tanpa pemberitahuan.

“Namun pemerintah belum akan mengambil tindakan apapun bagi PTT yang tidak mengikuti tes tersebut, sampai pemerintah mengetahui dengan jelas alasan mereka tidak mengikuti tes,” kata Ade Manafe kepada wartawan, Selasa (26/11/2019) di Kupang.

Ade mengaku, bisa saja 20 orang PTT yang tidak mengikuti teori, dan PBB berhalangan hadir karena sakit, ada keluarga yang meninggal, maupun berbagai alasan yang tidak bisa ditinggalkan. Untuk itu pihak BKPPD akan menelusuri alasan mereka tidak mengikuti tes dan jika alasan mereka bisa ditolerir maka akan ada ujian susulan. jika alasan mereka tidak bisa ditolerir maka mereka akan diberhentikan.

” Kita akan lihat dulu alasan mereka tidak hadir dalam tes. Jika alasan mereka bisa ditolerir, maka akan ada ujian susulan buat mereka semua. Jika alasan mereka tidak bisa ditolerir, maka kontrak mereka tidak diperpanjang lagi untuk tahun 2020,” katannya.

Menurut Ade Manafe mengatakan, tes PTT akan digelar selama 7 hari, yang pertama ada tes teori yang dilihat dari tiga kategori, yang pertama adalah kompetensi, evaluasi kinerja dari masing-masing perangkat daerah atau tempat dimana dia bekerja.

Ade menjelaskan, tes ini tujuannya agar semua PTT bisa meningkatkan kemampuannya. Juga bagaimana mereka lebih disiplin dan berkarakter. Dia menjelaskan, kompetensi dan skill dinilai 30 persen, evaluasi kinerja dan disiplin dari masing-masing OPD 35 persen, dan disiplin selama bekerja 35 persen.

Menurutnya, hasil tes akan diumumkan pada tahun depan, jadi per 1 Januari akan ada Surat Keputusan baru, atau SK baru untuk satu tahun, sementara pada 31 Desember semua PTT akan diberhentikan karena SK mereka berlaku satu tahun.