Wali Kota Kupang Buka Pelatihan Kader Paliatif/Homecare

Bagikan Artikel ini

 

Kupang, NTTOnlinenow com – Wali Kota Kupang Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, M.M.,M.H, membuka kegiatan Pelatihan Kader Paliatif/Homecare Tingkat Kota Kupang yang diselenggarakan oleh Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Aula Hotel Maya Kota Kupang, Senin (25/11).

Dalam sambutannya Wali Kota Kupang Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM. MH mengatakan bahwa kader paliatif yang terbentuk harus menjadi suatu terobosan untuk melakukan penanganan terhadap pasien yang tidak punya harapan hidup lagi. Oleh karena itu Pemerintah Kota Kupang memberikan perhatian khusus dengan mendidik kader-kader agar mampu bekerja dengan hati untuk melayani masyarakat.

Tampak hadir Ketua TP PKK Kota Kupang, Hilda Manafe, S.E., M.M, Wakil Ketua TP PKK Kota Kupang, Elisabeth Liez Rengka, S.ST., Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati,M.Si., Direktur RSUD S. K. Lerik Kota Kupang, dr. Marsiana Halek dan para peserta peserta kegiatan yang telah berhasil melewati beberapa tahapan seleksi.

dr. Jane E. Fransiska, Sp.PD selaku Ketua Pokja IV TP. PKK Kota Kupang melaporkan bahwa kegiatan yang akan dilaksanakan selama 6 (enam) hari sejak tanggal 25 sampai dengan 30 November 2019 ini bertujuan untuk menghasilkan kader-kader Paliatif yang handal dan terlatih dalam melaksanakan Perawatan Paliatif, serta harapan kedepannya akan membentuk tim Paliatif yang siap melayani warga Kota Kupang yang membutuhkan perawatan Paliatif.

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh sebanyak 30 orang peserta, dengan latar belakang pendidikan kesehatan dan masyarakat awam, para peserta yang terseleksi untuk mengikuti pelatihan sebanyak
orang melalui tahapan seleksi administrasi, wawancara dan psikotest yang dilaksanakan sejak awal November hingga tanggal 22 November 2019.

Kegiatan ini menggunakan metode materi dan praktikum dan didukung oleh narasumber yang berasal dari Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Pusat, Rumah Sakit Baptis Kediri, RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang, Rumah Sakit Siloam Kupang, Klinik King care dan Pengurus TP PKK Kota Kupang.

Perawatan Paliatif merupakan perawatan yang diberikan kepada pasien yang menderita penyakit kronis dengan stadium lanjut sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup pasien yang dilakukan dengan cara pendekatan dari sisi psikologis, sosial, mental serta spiritual pasien. Di Indonesia sendiri, telah ada ketentuan dari Kementerian Kesehatan yang menyatakan bahwa harus ada penerapan perawatan paliatif untuk beberapa penyakit serius.

Bahkan, ada berbagai penelitian yang sebagian besar menyatakan bahwa perawatan paliatif dapat membantu pasien sehingga bisa mengatasi gejala dan tanda yang muncul dari penyakit yang sedang dideritanya, bisa mengontrol emosi, dan berkomunikasi dengan baik serta ternyata cenderung memiliki pengalaman pengobatan yang lebih baik dibandingkan sebaliknya. @Humas