Rumah Perempuan Akan Gelar Kampanye Anti Kekerasan Terhadap Perempuan Dan Anak

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Memperingati Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan Dan Anak, atau HAKTP, Rumah Perempuan Sebagai Lembaga yang memberikan layanan kepada perempuan dan anak korban kekerasan akan melakukan berbagai bentuk kampanye selama 16 Hari. Kampanye tersebut akan dilakukan mulai 26 November hingga 10 Desember, dengan Thema Nasional Kekerasan Seksual, serta them Lokal “Beta Peduli” Perlindungan Kekerasan Seksual.

Direktris Rumah Perempuan Kupang, Libby Sinlaeloe, Kepada wartawan di Kupang, Senin 25 November mengatakan, ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh Rumah Perempuan Kupang dalam rangka kampanye 16 hari anti kekerasan perempuan dan anak diantaranya, Konferensi Pers, Spot Iklan Kampanye, Siaran Radio, Road Show dengan Komunitas Kelompok Perempuan, Ngopi Bareng Mahasiswa, dan Road Show To Kampus.

Libby mengaku, tujuan dari kampanye yang akan dilakukan adalah, menggalang gerakan solidaritas berdasarkan kesadaran bahwa kekerasan terhadap perempuan merupakan pelanggaran terhada Hak Asasi Manusia, atau HAM, Mendorong Kegiatan bersama untuk menjamin perlindungan yang lebih baik bagi korban kekerasan, serta mendorong keterlibatan semua lapisan masyarakat baik pemerintah, komunitas, kelompok milenial terhadap pengesahan Rancangan Undang-Undang, atau RUU Penghapusan Kekerasan Seksual.

Menurutnya, Kampanye terhadap Kekerasan perempuan dan anak perlu gencar dilakukan karena berdasarkan catatan pendampingan Rumah Perempuan Kupang dari Bulan Januari hingga Bulan Oktober, pihaknya sudah menangani 64 kekerasan seksual.

“Dari 64 Kasus Kekerasan Seksual yang terjadi, 86 Persen Korbannya, adalah anak-anak,” kata Libby

Selain itu, Fenomena kekerasan seksual terus mengintai perempuan dan anak sehingga butuh dilakukan kampanye yang dilakukan besar-besaran agar kekerasan terhadap perempuan dan anak bisa diminimalisir. ntt-02