Prajurit Yonif Raidersus 744/SYB Latihan Menembak Bersama Jurnalis di Perbatasan Belu-Timor Leste

Bagikan Artikel ini
Laporan Yansen Bau
Atambua,NTTOnlinenow.com-Prajurit TNI satuan Batalyon Infanteri (Yonif) Raider Khusus 744/SYB melakukan kegiatan latihan menembak senjata laras panjang triwulan IV tahun 2019.

Kegiatan dalam hal meningkatkan kemampuan menembak prajurit berlangsung di lapangan tembak Mako Yonif RK 744/SYB, Tobir Desa Manleten, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan RI-RDTL, Rabu (20/11/2019).

Selain prajurit Yonif RK 744/SYB yang dijuluki Samodok, jurnalis di daerah Belu perbatasan dengan negara tetangga yang hadir meliput kegiatan itu diberikan kesempatan latihan menembak bersama prajurit TNI.

Dihadiri langsung Wadan Yonif RK 744/SYB, Mayor Inf. Robert B. Panjaitan bersama awak media latihan menembak senjata ringan (pistol). Kemudian beralih ke latihan menembak senjata berat (laras panjang).

Wadan Mayor Inf. Robert B Panjaitan menuturkan, kegiatan latihan menembak ini merupakan agenda rutin yang bertujuan untuk meningkatkan dan memelihara kemampuan menembak para prajurit khususnya prajurit Yonif Raider Khusus 744/SYB.

“Manfaat latihan menembak ini untuk memelihara serta tingkatkan kemampuan prajurit. Mereka latihan menembak dengan tiga sikap yakni, sikap tiarap, duduk dan berdiri,” ujar dia.

“Ini kegiatan triwulan IV. Untuk latihan tembak senjata ringan pistol dan senjata larang panjang SS 2. Seluruh personil wajib sejumlah 700 orang dan latiham di Mako, Kompi Kefa dan Malaka,” tambah Panjaitan.

Lebih lanjut jelas dia, dalam latihan menembak ini mereka prajurit mendapatkan nilai standar Angkatan Darat. Kemudian menembak ini juga bertujuan untuk mencari bibit-bibit terhandal yang bisa ikut lomba menembak di tingkat nasional maupun internasional.

“Mereka yang mendapatkan nilai yang terbaik akan kita tingkatkan kemampuan supaya mereka bisa mengikuti lomba tembak setingkat Angkatan Darat,” ucap Wadan Yonif RK 744 itu.

Sementara itu, latihan menembak yang dilakukan jurnalis di perbatasan Belu selain memberi pengetahuan dan pengelaman juga untuk mempererat dan meningkatkan hubungan tali silaturahmi antara media dan Batalyon Raider Khusus 744/SYB.

Tambah Panjaitan, rencana dari Angkatan Darat untuk Yonif RK 744/SYB di tahun 2020 akan ditempatkan sebagai pasukan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat. “Latihan menembak ini rutin dilaksanakan, dengan menembak ini akan tingkatkan kemampuan prajurit dalam menjaga wilayah perbatasan,” pungkas Panjaitan.