Pamit Tinggalkan Polres Belu, Tobing Salut Jalinan Komunikasi di Perbatasan RI-RDTL Luar Biasa

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Mantan Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing pamit tinggalkan Kabupaten Belu dan Malaka wilayah hukum Polres Belu setelah bertugas selama 1 tahun 10 bulan lebih tiga hari sebagai Kapolres Belu di perbatasan RI-RDTL.

AKBP Cliffry S. Lapian menjabat sebagai Kapolres Belu, gantikan AKBP Christian Tobing yang kini menjabat sebagai Kapolres Wonogiri, Polda Jawa Tengah.

Dalam acara kenal pamit Kapolres Belu Pejabat lama AKBP Christian Tobing mengatakan, jalinan komunikasi dan koordinasi antar lintas sektor dan unsur elemen di wilayah Kabupaten Belu dan Malaka sangat luar biasa.

“Saya berikan salut dengan komunikasi yang ada selama ini yang telah mendukung penugasan sebagai Kapolres Belu sehingga situasi di dua wilayah yang berbatasan dengan Timor Leste tetap kondusif,” ujar dia.

Dituturkan, kurang lebih menjabat 1 tahun 10 bulan lebih tiga hari tentunya perjalanan dinas banyak sekali pengelaman selama bertugas di perbatasan yang menjadi bekal di kota lain.

“Sinergitas TNI-Polri nampak dan banyak hal-hal yang kami rasakan selama bertugas di batas. Kebersamaan sangat kami rasakan, karena itu terimakasih atas dukungan Pemerintah Belu dan Malaka serta Forkpomida plus dan seluruh unsur elemen atas dukungan,” kata Tobing.

Lanjut dia, sungguh luar biasa kebersamaan yang kita jalin selama penugasan. Sering ngopi tukaran informasi dan hal ini sangat bermanfaat. Kedepan diharapkan tetap jaga hubungan baik agar situasi di batas Belu dan Malaka tetap kondusif.

“Sebagai Kapolres Wonogiri saya mohon dukungan dan doa dari semua warga Belu dan Malaka.
Kepada seluruh anggota terimakasih atas bantuan dan dukungan selama saya menjabat Kapolres Belu,” sebut Tobing.

Dia juga menyampaikan permohonan maaf apabila selama bertugas kurang lebih 1 tahun 10 bulan ada sikap dan tutur kata yang menyakiti hati masyarakat Kabupaten Belu dan Malaka.

“Kami juga mohon maaf jika ada salah. Kepada Anggota saya minta agar bantu Kapolres baru dalam mendukung tugas pelayanan di Belu dan Malaka,” ungkap Perwira jebolan Akpol tahun 2000 itu.

Akhir sambutan Tobing mohon pamit dan menyampaikan terima kasih atas semua dukungan dan doa. Semoga kebersamaan yang sudah terjalin selama ini dapat menjadi modal kekuatan berkarya ditempat yang baru.

Kapolres Belu, AKBP Cliffry S. Lapian dalam sambutan mengatakan, sebagai pejabat baru Kapolres Belu dirinya memohon dukungan kerjasama dari Pemkab Belu dan Malaka, TNI, Forkopimda plus dan seluruh elemen di Belu maupun Malaka agar keamanan ketertiban masyarakat di perbatasan tetap kondusif.

“Mari kita sama-sama sinergitas jaga situasi di Belu dan Malaka agar tetap harmonis. Tetap jaga keutuhan persatuan keharmonisan yang ada di daerah perbatasan Belu-Malaka,” pinta Lapian mantan Kapolres Manggarai itu.

Untuk diketahui, sejumlah prestasi diraih Polres Belu dibawah kepemimpinan AKBP Christian Tobing sebagai Kapolres diantaranya, rekor MURI dari LEPRI sebagai pelaksana Millenial Road Safety Festival (MRSF) dengan peserta terbanyak mencapai 10.000 orang.

Memotivasi anggota dalam berkreatif dan berinovasi hingga meraih prestasi di tingkat Nasional. Selain itu juga fokus pada optimalisasi tugas pokok dan fungsi kepolisian tetapi juga tugas-tugas kemanusiaan lainnya seperti aktif membantu Pemerintah Daerah Belu dan Malaka dalam hal pendistribusian air bersih kepada warga perbatasan yang mengalami kesulitan memperoleh air bersih serta kegiatan sosial lainnya.