Bupati Belu Ingatkan Kepala Desa Kerja Untuk Rakyat, Bukan Untuk Tim Sukses

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Bupati Belu, Willybrodus Lay mengingatkan kepada Kepala Desa yang dilantik agar bekerja untuk rakyat, melayani rakyat dengan hati dan jangan lagi membuat kotak-kotak diantara warga dalam desa.

Hal itu disampaikan Bupati Lay dalam sambutannya usai mengambil sumpah dan melantik 25 Kepala Desa terpilih Pilkades serentak 2019 bertempat di gedung Betelalenok, Kabupaten Belu, Senin (18/11/2019).

Bupati juga menghimbau kepada 25 Kepala Desa yang telah dilantik agar jangan terpengaruh dengan bisikan dari tim sukses, karena akan menggangu kinerja seorang Kepala Desa.

“Kerja baik itu sederhana, jadi jangan sampai bisikan tim sukses lebih kuat dari kepentingan masyarakat. Kalau seperti itu akan hancur pelayanannya,” tandas dia.

Lebih lanjut ditegaskan, Kepala Desa jangan memilah warga karena tidak mendukung saat Pilkades. Kalau ada laporan seperti itu saya tidak ingin dengar tersebut.

“Ini demokrasi siap menang siap kalah. Menurut saya yang belum beruntung mereka belum mau terima kekalahan itu dan kami melantik sesuai UU,” ujar dia.

Lay tambahkan kepada para Kepala Desa, jangan terbitkan aturan desa yang panjang-panjang atau banyak. “Kalau bisa diutamakan pencegahan terhadap korupsi, supaya jangan sampai muncul operasi tangkap tangan (OTT),” Dia ingatkan.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Belu, Jeremias Manek Junior dalam sambutanya mengatakan, saatnya Kades terpilih untuk fokus membangun desanya sesuai dengan janji kampanye dan program.

Ditegaskan, Kepala Desa mengabdi kepada masyarakat dan demi kesejahteraan masyarakat, bukan pada keluarga dan tim sukses.

“Jadi abdi masyarakat dan pengayom masyarakat yang siap bekerja bagi kesejahteraan masyarakat, bukan pada keluarga dan tim suksesnya,” kata dia.

Politisi Partai Demokrat itu meminta semua dinamika politik yang sempat terjadi disaat pilkades, alangkah baiknya di tiadakan.

“Semua masalah dan dinamika yang hadir dalam pilkades lalu, kalau bisa, diletakan sudah dan rangkulah semuanya tanpa membeda-bedakan satu dengan lainnya,” pinta Manek Junior.

Hadir dalam pelantikan 25 Kades, Wakil Bupati Belu JT. Ose Luan, Pimpinan OPD lingkup Pemkab Belu, Para Camat serta tamu undangan lainnya.

Untuk diketahui, dari 32 Pilkades serentak yang dilaksanakan 25 Kepala Desa terpilih yang dilantik. Sementara 7 Kepala Desa belum dilantik lantaran masa jabatan belum selesai serta ada beberapa desa masih penyelesaian masalah.