Kisruh Pilkades Nanaet, Kadis PMD Belu Sebut Panitia Sudah Ikuti Proses Sesuai Regulasi

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Kepala Dinas Pemerintahan Desa Januario Nona Alo mengatakan proses yang dilalui oleh panitia Pemilihan Kepala Desa sudah sesuai regulasi atau aturan yang berlaku.

Demikian ungkap Kadis Nona Alo saat menerima Puluhan masyarakat Nanaet Duabesi di Kantor PMD Belu, Timor Barat wilayah perbatasan RI-RDTL, Jumat (15/11/2019)

Dijelaskan bahwa, sesuai regulasi apabilah terjadi persoalan terhadap hasil pemilihan, maka peraturan sudah memberikan waktu selama 2×24 jam untuk mengadukan adanya dugaan pelanggaran yang dilakukan.

“Harusnya setelah pemilihan harus ada pengaduan baik itu secara tertulis maupun tidak tertulis, kan semuanya sudah ada aturannya,” ujar Nona Alo.

Menurut dia, panitia sudah melewati tahapan Pilkades sampai saat ini, namun khusus untuk Desa Nanaet selama ini tidak ada pengaduan dari masyarakat.

“Kita sudah lewati tahapan sampai saat ini,tidak mungkin kita mau tarik kembali ke belakang,” ucap dia.

Seharusnya lanjut dia, masyarakat harus melaporkan aduannya paling lambat 2×24 jam setelah pemilihan seperti yang dilakukan oleh beberapa Desa. “Kalau waktu itu langsung lapor bisa langsung kita proses tapi untu Desa Nanaet ini tidak ada laporan sama sekali,” jelas Nona Alo.

Selain itu dikatakan, laporan masyarakat Desa Nanaet yang tidak berkaitan dengan proses Pilkades bukan merupakan wewenang PMD. Namun, laporan warga desa akan dilanjutkan ke pimpinan.

“Kami disini bukan lembaga pemerintahan yang urus semuanya, kalau soal sertifikat tanah, meteran listrik silakan bapak ibu mereka laporkan ke lembaga yang berwenang,” ujar dia.