AKBP Cliffry Steiny Lapian Jabat Kapolres Belu Gantikan AKBP Christian Tobing

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Tongkat kepemimpinan Polres Belu, Polda NTT, Timor Barat wilayah perbatasan RI-RDTL resmi beralih ke AKBP Cliffry Steiny Lapian.

Mantan Kapolres Manggarai itu menggantikan Kapolres Belu sebelumnya AKBP Christian Tobing. Semantara itu mantan Kapolres Belu dimutasi menjabat Kapolres Wonogiri, Polda Jawa Tengah.

Hal itu ditandai dengan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kapolres Belu bersama sejumlah Kapolres di jajaran Polda NTT oleh Kapolda Kapolda NTT, Irjen Pol Hamidin di Mapolda, Senin (11/11/2019).

Informasi yang dihimpun, selain dua Kapolres bersamaan sejumlah Perwira Polda NTT yang di serahterimakan yakni, Direktur Lalu Lintas Kombes Pol Pringadi Supardjan digantikan pejabat baru Kombes Pol Iroth Laurens Recky.

Kapolres Alor, AKBP Patar MH Silalahi digantikan oleh pejabat baru AKBP Dermawan Marpaung,
Kapolres Timor Tengah Utara (TTU) AKBP, Rishian Krisna Budhiaswanto digantikan pejabat baru AKBP Nelson Filipe Dias Quintas.

Kapolres Sumba Timur, AKBP Viktor Maruduth Tua Silalahi digantikan pejabat baru AKBP Handrio Wicaksono, Kapolres TTS, AKBP Totok Mulyanto digantikan pejabat baru AKBP Aria Sandy.

Selain itu AKBP Michael Irwan Tamsil yang menjabat sebagai Kapolres Sumba Barat digantikan pejabat baru AKBP Khairul Saleh dan Kapolres Manggarai dijabat AKBP Mas Anton Widyodigdo.

Untuk diketahui, Pejabat lama Polres Belu, AKBP Christian Tobing bertugas 20 bulan di dua wilayah Kabupaten Belu dan Malaka wilayah hukum Polres Belu, Timor Barat perbatasan RI-RDTL terhitung sejak Januari 2018 lalu.

Kepada media, AKBP Christian Tobing yang dikonfirmasi mengucapkan terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat Kabupaten Belu dan Malaka yang telah membantu memperlancar tugas-tugas kepolisian selama dirinya memimpin Polres Belu.

“Terimakasih atas doa dan ucapannya. Kami dan Keluarga mohon doa restunya agar diberikan kemudahan dan kelancaran dalam melaksanakan tugas di tempat yang baru,” ujar Tobing.

Untuk diketahui, salah satu prestasi yang diraih Polres Belu selama AKBP Christian Tobing menjabat sebagai kapolres adalah meraih rekor MURI dari LEPRI sebagai pelaksana Millenial Road Safety Festival (MRSF) dengan peserta terbanyak mencapai 10.000 orang.

Tidak saja itu, jebolan Akpol tahun 2000 lalu itu juga aktif membantu Pemerintah Daerah (Pemda) Belu dan Malaka dalam hal pendistribusian air bersih kepada warga perbatasan yang mengalami kesulitan memperoleh air bersih.

Selama bertugas di wilayah hukum Polres Belu yang melingkupi Kabupaten Belu dan Malaka, Kapolres Tobing tak hanya fokus pada optimalisasi tugas pokok dan fungsi kepolisian tetapi juga tugas-tugas kemanusiaan lainnya.

Selain itu Kapolres Tobing juga memotivasi anggota-anggotanya dalam berkreatif dan inovatif hingga meraih prestasi.