Satgas Yonif R 142 Gandeng RS Siloam Berikan Pengobatan Gratis Bagi Warga Raihat Perbatasan Belu-RDTL

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ bekerja sama dengan Rumah Sakit Siloam dan harian lokal selaku EO menggelar kegiatan bakti sosial bagi warga Haekesak, Kecamatan Raihat, Kabupaten Belu wilayah Timor Barat, Sabtu (9/11/2019).

Hadir dalam kegiatan Bupati Belu, Willybrodus Lay, Ketua DPRD Kabupaten Belu, Jeremias Manek Seran Junior, Direktur RS Siloam, dr. Hans Lie, Pemimpin Perusahan salah satu harian lokal, Erniwaty Madjaga, Pimpinana OPD Belu, Danramil Haekesak, Kapolsek Raihat, tokoh agama dan masyarakat.

Kegiatan wujud kepedulian terhadap sesama di bidang kesehatan berupa pengobatan gratis khususnya bagi warga di perbatasan negara berlangsung di lapangan Haekesak, Desa Tohe mendapat juga dukungan dari Pemerintah Kabupaten Belu.

Disaksikan media, warga di Kecamatan Raihat yang berbatasan langsung dengan Maliana, Distric Bobonaro, Negara Timor Leste sangat antusias mengikuti kegiatan bakti sosial berupa pelayanan kesehatan secara gratis.

Warga yang berada di lokasi kegiatan baksos berantrian mulai dari proses pendaftaran, pemeriksaan kesehatan sampai dengan penggambilan obat secara gratis dari tim dokter RS Siloam, Satgas Pamtas dibantu tim medis kesehatan Puskesmas Haekesak.

Warga merasa senang dan gembira, karena selain mendapat pelayanan kesehatan berupa pengobatan secara gratis dan sunatan atau khitan massal warga juga mendapat pembagian paket sembako dari pihak penyelenggara kegiatan.

Willybrodus Lay menyampaikan terima kasih kepada pihak Rumah Sakit Siloam Kupang, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ, salah satu harian lokal yang telah menyelenggarakan kegiatan bakti sosial hari ini dan seluruh pihak yang mendukung hingga terlaksananya pengobatan gratis bagi warga di perbatasan Haekesak.

Kegiatan bakti sosial jelas Lay, merupakan bentuk kepedulian dari stakeholder terhadap masyarakat Kabupaten Belu akan masalah kesehatan. Keberadaan mereka pihak penyelenggara jauh dari Kabupaten Belu, tapi karena cinta kasih dan peduli, mereka rela luangkan waktu membantu warga di perbatasan Belu.

“Ini luar biasa. Mereka dari Rumah Sakit Siloam dan harian lokal datang jauh-jauh ke Belu karena mencintai masyarakat Belu. Mereka datang bantu masyarakat berikan pelayanan kesehatan berupa pengobatan secara gratis,” ujar dia dalam sambutannya.

Direktur RS Siloam, dr. Hans Lie menuturkan, kegiatan pengobatan gratis yang dilaksanakan RS Siloam bersama harian lokal dan Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat di perbatasan di Kabupaten Belu.

“Kita akan lakukan kegiatan serupa di waktu-waktu yang akan datang di tempat yang berbeda. Terimakasih kepada Bupati Belu, Ketua DPRD Belu, Harian lokal, Satgas Pamtas serta pihak lain yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan bakti sosial,” ucap dia.

Sementara itu Pimpinan Perusahan Harian Lokal, Erniwaty Madjaga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Belu, Ketua DPRD Belu, Manajemen RS Siloam Kupang serta Dansatgas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ atas dukungannya sehingga kegiatan bakti sosial berjalan lancar dan sukses.

Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider Yonif 142/KJ, Letkol (Inf) Ikhsanudin mengatakan, pihaknya sangat bangga bisa bersinergi dengan Rumah Sakit Siloam dan harian lokal dalam membantu memberikan pengobatan gratis kepada warga masyarakat di Kabupaten Belu perbatasan RI-RDTL.

Lanjut dia, kegiatan ini sejalan dengan program yang dilaksanakan Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ selama ini dalam menjaga wilayah perbatasan negara. Diharapkan kerjasama seperti ini tetap terbangun dengan baik dalam membangun Kabupaten Belu kedepan.

“Kita juga harap semoga kegiatan bakti sosial ini dapat bermanfaat dan meringankan beban warga masyarakat di Kecamatan Raihat,” kata Ikhsanudin.