MEMPELAJARI KEBIJAKAN PUBLIK DAN MEMAHAMI DALAM BUKU

Bagikan Artikel ini

 “MEMPELAJARI KEBIJAKAN PUBLIK DAN MEMAHAMI DALAM BUKU”

 Oleh                : Era Nur Fazirah

Jurusan            : Administrasi Negara 3 C

Fakultas           : Ilmu Administrasi

Universitas Islam Malang

Identitas buku

Judul               : Kebijakan Publik Evaluasi Reformasi Dan Formulasi

Pengarang       : Hayat, S.A P, M.Si

Penerbit           : Intrans Publishing

Cetakan           : Juli 2018

Tebal               : XXIV- 134 Hlmn

Buku berjudul kebijakan Publik,Evaluasi,Reformasi,Formulasi yang ditulis oleh seseorang dosen Universitas Islam Malang,selain mengajar menjadi seorang dosen, beliau juga sebagai penulis yang aktif melakukan penelitian. Dan pada dasarnya buku ini sebagai pedoman bagi administrator terutama bagi mahasiswa jurusan “Adminstrasi Publik”, ilmu pemerintahan ataupun ilmu politik. Buku ini, membahas tentang kebijakan public mulai dari, pertama Dimensi Futuristik, kedua Dimensi Problem Salving dan ketiga sebagai Birokratic Engineering serta aplikasi dari kebijakan public itu sendiri.

Buku ini, ditulis sedemikian detailnya untuk dijadikan sebagai rujukan bagi pemerintah mengenai bagaimana formulasi dan implementasi kebijakan itu seharusnya untuk memaparkan beberapa hal yang terkait bagaimana pemerintah dan masyarakat untuk menyikapi setiap kebijakan sehingga akan berjalan sesuai rule semestinya. Buku ini terdiri atas 7 Bab, disetiap bab terdapat sekitar 3-10 subbab didalamnya masing-masing subbab tersebut merupakan pengembangan dari materi inti yang mengakomdir prinsip-prinsip yang melekat yakni prinsip dari “ Good Governance”akan semakin nyata dan menjadi tujuan utama pada judul tersebut.

Dimana dalam bab ini penulis menjelaskan tentang pengertian kebijakan, pengertian kebijakan public,proses kebijakan public, bentuk kebijakan public, tujuan kebijakan public, dan fungsi dari kebijakan public. Dalam bab kedua ini, kebanyakan public merupakan keputusan-keputusan yang diambil untuk kepentingan masyarakat luas. Kebijakan public menurut ( Wahab, 2005:3) adalah suatu tindakan berpola yang mengarah pada sesuatu tujuan tertentu dan bukan sekedar keputusan untuk melakukan sesuatu. Dalam bab tiga, menjelaskan tentang evaluasi kebijakan public, dimana dalam pembahasan ini evaluasi kebijakan pada dasarnya adalah suatu yang proses untuk menilai seberapa jauh suatu kebijakan untuk membuahkan hasil,yaitu dengan membandingkan antara hasil yang diperoleh dengan tujuan atau target kebijakan yang ditentukan (Darwin,1994). Selanjutnya penulis menjabarkan pembahasan yaitu, sifat, tujuan dan fungsi dari evaluasi. Dalam pembahasan akhir bab ini membahas tentang tahapan untuk melakukan evaluasi yang benar dan baik.

Dalam bab empat,membahas tentang pengertian penilaian kinerja, dimana dalam pembahasan ini menjelaskan bahwasanya penilaian kinerja merupakan sumber data bagi pimpinan untuk memberikan reward bagi yang berprestasi dalam menjalankan tugasnya dengan baik pengukuran penilaian kinerja pelayanan public merupakan evaluasi bagi penyelenggaraan pelayanan dalam rangka optimalisasi kinerja yang aktif dan efektif. Berikutnya masuk ke bab lima, yaitu membahas tentang pegertian Birokrasi, dimana dalam pembahasan birokrasi ini terdapat konsep dan strategi reformasi Birokrasi yang dicanangkan pemerintah untuk menjadi pedoman dalam melakukan reformasi birokrasi dan mempercepat tata kelola pemerintahan yang bai, oleh karena itu dibutuhkan sebuah konsep dan stategi dalam pencapaian Grand Design Reformasi Birokrasi.

Dalam bab enam, membahas tentang pengertian pelayanan public dan good governance, dimana dalam pembahasan ini menjelaskan tentang bagaimana untuk mewujudkan pelayanan public yang prima sesuai dengan azas dan formulasi yang tepat untuk menghasilkan kebijakan public yang baik dan dapat memberikan pelayanan terhadap masyrakat. Selanjutnya pada bab akhir yang ketujuh ini membahas tentang formulasi kebijakan public , karena membutuhkan pelaksanaan formulasi untuk sebuah hasil yang sesuai harapan sebagaimana mestinya sesuai dengan tujuan dari evaluasi kebiakan public yaitu dengan memasukan prinsip-prinsip dalam formulasi kebijakan public,model formulasi kebijakan public.

Kesimpulan

dari buku kebijakan Publik Evaluasi, Reformasi, Formulasi ini, sangat baik untuk dipelajari dan dimngerti, karena didalam buku kebijakan public ini sudah sangat jelas persubbabnya banyak penjelasan tentang kebijakan,pelayanan public serta pentingnya reformasi birokrasi dan good governance.

  • Kelebihan dan kekurangan
  1. Kelebihan buku ini, sangat mudah dipahami dan sangat lengkap, bahasa yang baku dan tidak bertele-tele serta penyusunan pembahasan yang baik
  2. Kekurangan buku ini, banyak pengulangan kata dan definisi para ahli yang hamper sama.