November, Pemerintah NTT Lelang 78 Mobil Dinas, Masyarakat Umum Bisa Mengikuti

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Pemerintah NTT melalui Badan Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah sesuai rencana, pada November mendatang akan melakukan pelelangan terbuka untuk 78 unit mobil dinas.

Kepala Badan Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah NTT, Zet Sony Libing sampaikan ini kepada wartawan di Kupang, Selasa (22/10).

Sony Libing menjelaskan, dengan menggunakan nomenklatur pelelangan umum atau terbuka, maka tidak ada lagi istilah pemutihan kendaraan dinas. Karena pelelangan terbuka, masyarakat umum pun bisa mengikuti kegiatan itu dan tetap memiliki peluang yang sama dengan aparatur birokrasi untuk mendapatkan kendaraan yang dilelang.

“Kita akan umumkan ke publik soal waktu pelaksanaan pelelangan mobil dinas tersebut,” kata Sony Libing.

Tentang tahun produksi mobil yang akan dilelang, ia menyampaikan sudah melebihi enam tahun. Pihaknya akan menetapkan harga lelang setiap kendaraan dinas yang akan dilelang dengan mempertimbangkan penawaran tertinggi.

“Dana yang diperoleh dari pelelangan itu akan dihitung dan dimasukan dalam komponen pendapatan daerah,” papar Sony Libing.

Ia berargumen, tidak ada kebijakan khusus bagi mereka yang selama ini menggunakan mobil dinas yang akan dilelang itu. Termasuk mobil dinas yang ada di tangan anggota DPRD NTT. Semuanya pasti didata untuk dilakukan pelelangan terbuka.

“Pelelangan terbuka tidak berlaku untuk kendaraan dinas yang ada di tangan gubernur, wakil gubernur, dan sekretaris daerah,” terang Sony Libing.

Pada kesempatan ia menyatakan, kendaraan roda dua belum ikut dilelang bersamaan dengan pelelangan mobil dinas pada November mendatang. Pihaknya masih melakukan identifikasi terhadap keberadaan kendaraan roda dua yang telah memenuhi syarat untuk dilelang.

“Kita masih lakukan pendataan karena keberadaan kendaraan roda dua tersebar di hampir semua kabupaten,” papar Sony Libing.