Perencanaan Jadi Penentu Keberhasilan Program

Bagikan Artikel ini

Kupang,NTTOnlinenow.com – Suksesnya sebuah program yang diluncurkan tidak terletak pada aspek pengawasan tapi sangat ditentukan oleh aspek perencanaan.

Anggota Komisi IV yang membidangi infrastruktur DPRD NTT, Alex Foenay sampaikan ini kepada wartawan di Kupang, Jumat (18/10/2019).

Alex mengatakan, sebagai wakil rakyat, dirinya mengemban tiga fungsi yakni fungsi anggaran, legislasi, dan pengawasan. Dalam menjalankan fungsi pengawasan, pihaknya melakukan peninjauan terhadap sejumlah program yang dibiayai APBD NTT di Timor Tengah Selatan (TTS). Salah satu kasus yang ditemukan berkaitan dengan pembangunan sumur bor. Programnya sudah diluncurkan sejak dua tahun lalu, tapi baru dibangun.

“Tahap perencanaan harus dibicarakan secara detail dan tuntas, agar setiap program yang dijalankan tepat sasaran dan dikerjakan sesuai target,” kata Alex.

Wakil rakyat asal daerah pemilihan Kota Kupang dari Partai Perindo ini menegaskan, agar sebuah program yang disalurkan tepat sasaran, harus dipastikan soal kegiatan fisik yang dilaksanakan, besaran dana, dan lokasi yang ditetapkan.

“Untuk program tahun 2020, kami bersama mitra komisi membahas secara matang terhadap sebuah program yang akan dilaksanakan agar dapat berjalan sesuai agenda,” ungkap Alex.