Siapkan Kelengkapan Kendaraan, Polres Belu Akan Gelar Operasi Zebra Turangga 2019

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Belu akan menggelar Operasi Zebra Turangga 2019 di daerah Kabupaten Belu dan Malaka wilayah Polres Belu, Timor Barat perbatasan RI-RDTL.

Demikian Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing melalui Kasat Lantas Polres Belu AKP Shabda Purusha Putra kepada wartawan, Selasa (15/10/2019).

Shabda sapaan akrab Kasat Lantas menuturkan bahwa, kegiatan Operasi Zebra Turangga akan dilaksanakan pada akhir bulan mendatang yakni mulai tanggal 23 Oktober sampai dengan tanggal 03 November 2019.

Adapun sasaran Operasi Zebra, pertama yakni orang dimana tidak menggunakan helm SNI, tidak memiliki SIM, berkendaraan dibawah pengaruh alkohol atau mabuk, menggunakan handpohone saat berkendaraan dan pengemudi dibawah kendaraan.

Lanjut Kasat Lantas sasaran kedua yakni kendaraan terkait dengan STNK mati dan pajak habis masa berlaku, kendaraan yang menggunakan kendaraan strobo serta knalpot racing.

Tidak saja itu sasaran lainnya adalah pelanggaran lalu lintas yang masih banyak di wilayah hukum Polres Belu seperti pengendara yang nekat melawan arus, pengendara mobil yang tidak gunakan seatbelt atau sabuk keselamatan dan pengendara sepeda motor menaikkan penumpang lebih dari satu.

Kaitan itu, jelang operasi Zebra Shabda menghimbau kepada seluruh pengendara baik di wilayah Belu maupun Malaka untuk menyiapkan kelengkapan surat-surat atau dokumen kendaraan saat berkendara nanti di jalan.

“Sebelum berkendara di cek ulang surat-surat kendaraan dan kelengkapan lain yang berkaitan dengan pengemudi,” imbuh Shabda.