TNI,Polri dan BNPP Bantu Warga Belu Kesulitan Air Bersih di Batas RI-RDTL

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Wujud sinergitas TNI, Polri dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) di Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan RI-RDTL membantu warga yang mengalami kesulitan air bersih.

Penyaluran air bersih oleh Satgas Raider 142/KJ bersama Koramil 1605-07/Wedomu, Polsek Tasifeto Timur Polres Belu, Pos Pol Motaain, Pos Brimob dan BNPP PLBN Mota’ain bagi warga di Kampung Wehas, Dusun Suliren, Desa Tulakadi, Kecamatan Tasifeto Timur. Sabtu (12/10/2019).

Pembagian air bersih gunakan mobil tangki air. Warga kampung setempat telah siapkan tempat atau wadah penampung air seperti jerigen, ember, drum, serta lainnya. Warga sangat senang meski harus berantrian untuk peroleh air bersih yang dibagikan aparat gabungan.

Kampung setempat disaat musim kemarau panjang seperti saat ini terbilang cukup sulit untuk peroleh air bersih. Akui warga, ada sumber mata air, tapi disaat musim sekarang debitnya tidak cukup. Ditambah jarak sekitar 2 kilo meter membuat sebagian warga menyediakan wadah air dan membeli air tangki.

“Kalau musim kemarau seperti ini kami cukup sulit untuk dapat air bersih. Kami sangat senang masih ada yang perhatian dengan kami berikan bantuan air bersih,” ujar beberapa warga setempat.

Sementara itu, Dansatgas Yonif Raider 142/KJ Mayor Inf. Ikhsanudin melalui Danpos Motaain Lettu Inf Sahita menuturkan, kegiatan peduli sesama wujud sinergitas TNI dengan mitra Polri, Brimob, BNPP di perbatasan Belu untuk membantu warga yang kesulitan air bersih.

“Kami bersinergi bersama Polres Belu, Kodim, Brimob, serta BNPP dalam aksi sosial berikan bantuan air bersih bagi warga perbatasan yang saat ini mengalami kesulitan akses air bersih karena musim kemarau panjang, seperti di kampung Wehas,” ujar dia.

Aksi serupa menyalurkan air bersih dilakukan aparat gabungan TNI, Polri dan BNPP bagi warga di wilayah Desa Silawan yang terpusat di Kampung Jokowi. “Kegiatan aksi sosial wujud kepedulian ini akan terus dilakukan secara bertahap selama musim kemarau panjang guna atasi warga kesulitan air bersih,” sebut Sahita.

Kapolsek Tasifeto Timur, Iptu Ray Artika mengtakan bahwa pihaknya sangat peduli terhadap kebutuhan warga masyarakat perbatasan salah satunya aksi pembagian air bersih bagi warga yang kesulitan peroleh air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Aksi sosial ini jelas Artika, menindak lanjuti perintah pimpinan institusi yakni Bapak Kapolres untuk membantu mengatasi kesulitan masyarakat terkait kebutuhan air bersih.

“Kegiatan ini merupakan upaya kami untuk membangun sinergitas TNI-POLRI di Kabupaten Belu perbatasan RI-RDTL,” ujar Artika.

Christian Laby Susuk selaku Kepala Desa Tulakadi menyampaikan terima kasih kepada pihak TNI, Polri dan BNPP yang peduli warga di perbatasan dengan pembagian air bersih kepada warga Tulakadi dan sekitarnya.

“Mewakili warga Tulakadi dan sekitar mengucapkan terima kasih atas sinergitas Satgas Yonif Raider 142/KJ, Kodim 1605/Belu, Polres Belu dan BNPP yang peduli warga dengan berikan bantuan air bersih,” kata Christian.