Sidang Sinode GMIT Akan Digelar 15 Oktober Mendatang

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Majelis Sinode Gereja Masehi Injili Timor, atau GMIT akan menggelar Sidamg Sinode ke 34, dan Ekspo GMIT tahun 2019, yang digelar pada tanggal 15-22 Oktober 2019, di Gereja GMIT Paulus Kota Kupang. Kegiatan terdebut akan diikuti oleh 46 Klasis Sinode GMIT, dengan jumlah peserta sekitar 400 orang lebih.

Ketua Sinode GMIT, Pendeta Merry Kolimon kepada wartawan dalam Jumpa Pers yang berlangsung Kamis 10 Oktober 2019 mengatakan, agenda sidang Sinode adalah agenda sidang empat tahunan yang menjadi kesempatan persidangan paling luas, dimana keputusan-keputusan strategis akan dibuat.

Menurutnya, sidang akan membahas laporan kerja dari majelis Sinode GMIT periode 2015-2019. Selain itu akan dibahas program pelayanan tahun 2020 hingga tahun 2023 yang disebut Haluan Kebijaksanaan Umum Pelayanan, atau HKUP, Pemilihan Ketua Sinode untuk periode 2019-2023.

Merry Kolimon mengaku, untuk Ketua Sinode periode 2019-2023, ada dua nama yang diusulkan jemaat untuk menjadi ketua, yaitu dirinya, dan Pendeta Eben Nuban Timo. Menurutnya, untuk maju sebagai ketua Sinode, tidak berdasarkan kemauan dari para individu, tetapi ditentukan oleh jemaat GMIT. Pemilihan Ketua Sinode GMIT, akan dilaksanakan pada hari terakhir Gelaran Sidang Sinode GMIT, yang jatuh pada tanggal 22 Oktober.

Merry Kolimon juga mengaku, sidang Sinode ke 34, akan dihadiri Ketua Persekutuan Gereja Indonesia, Pendeta Ery Lebang, Ketua Persekutuan Gereja Protestan Indonesia, Pendeta Misye Sumampow, Gubernur Provinsi NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat

Merry Kolimon mengatakan, berkenaan dengan digelarnya Sidang Sinode GMIT pads tanggal 15 Oktober, pada saat yang bersamaan akan digelar Ekspo GMIT tahun 2019. Gelaran Ekspo GMIT akan digelar di Gereja Paulus Kupang.

Menurutnya, dalam Ekspo GMIT 2019, panitia akan menyiapkan sebanyak 50 Stand, yang akan diikuti oleh seluruh Klasis Sinode GMIT, yang berjumlah 46 Klasis. Selain itu, Ekspo GMIT juga diisi oleh Pemerintah, dan Pelaku Usaha dari Usaha Kecil Menengah, atau UKM.

Merry Kolimon mengaku, Tujuan dari ekspo GMIT 2019, adalah untuk melihat hal yang menjadi kemajuan GMIT dalam membina warga jemaat dalam melakukan usaha kecil menengah.