Seleksi Pengisian 10 Jabatan Eselon Dua Segera Dilakukan

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah, atau BKPPD Kota Kupang, Ade Manafe mengatakan, pasca dibukanya perpanjangan pendaftaran bagi pejabat eselon tiga A dan B untuk pengisian 10 jabatan eselon dua lingkup pemerintah Kota Kupang, jumlah pelamar yang ingin promosi naik eselon telah memenuhi kuota yang ditentukan. Saat ini dari 10 jabatan yang lowong, jumlah pelamar sudah mencapai 42 orang.

” Setiap jabatan harus diikuti minimal 4 orang pelamar dari Eselon Tiga, dan saat ini semua sudah memenuhi kuota. Bahkan untuk jabatan Kepala BPBD, dan Dinas Pariwisata, sudah ada 6 orang pelamar,” kata Ade Manafe

Ade Manafe mengaku, Dalam rangka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, maka Pemerintah Kota Kupang membuka kesempatan bagi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kota Kupang yang memenuhi syarat untuk mendaftarkan diri mengikuti seleksi terbuka, dan hari Senin, tanggal 7 Oktober merupakan hari terakhir dibukanya pendaftaran bagi pejabat eselon tiga yang ingin promosi ke eselon dua.

Dia menjelaskan, formasi yang dibuka yaitu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Kepala Dinas Perhubungan, kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Kupang, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kepala Dinas Sosial dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Menurutnya, setelah pendaftaran rampung, selanjutnya dilakukan Seleksi kompetensi bidang dilaksanakan dengan cara, peserta yang telah lulus seleksi administrasi akan dilanjutkan dengan Seleksi kompetensi manajerial dan kompetensi teknis menggunakan metode assesment centre.

Seleksi Kompetensi Bidang melalui penulisan dan presentasi makalah. Makalah berisi Visi Misi dan Rencana Strategis dari peserta terhadap jabatan yang akan dilamar dan Wawancara Akhir. Setelah itu, Panitia akan melakukan wawancara akhir untuk menjamin persesuaian serta konsistensi antara jawaban-jawaban peserta pada saat seleksi kompetensi dengan pandangan-pandangan sikap perilaku setiap peserta.

Ade melanjutkan, panitia Seleksi akan menyampaikan hasil penilaian terhadap seluruh tahapan seleksi yang akan disampaikan kepada pejabat pembina kepegawaian.