Kejuaraan Menembak Senapan Angin Samodok Cup I di Perbatasan Belu-RDTL Resmi Dibuka

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Kejuaraan menembak senapan angin Samodok Cup I tahun 2019 resmi dibuka usai pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-74 TNI di Mako Yonif Raider Khusus 744/SYB, Tobir, Desa Manleten, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Sabtu (5/10/2019).

Pembukaan lomba ditandai dengan penembakan balon di lapangan tembak Dharmawangsa Yonif Raidersus 744/SYB oleh Kapolres Belu, Christian Tobing disaksikan Dandim 1605/Belu, Letkol Inf. Ari Dwi Nugroho, Dansatgas Yonif Raider 142/KJ, Letkol Inf. Ikshanudin, Wadan Yonif Raidersus 744/SYB, Mayor Inf. Robert Benget Herdian Panjaitan disaksikan Perbakin Belu.

Wadan Yonif Raidersus 744/SYB, Mayor Inf. Robert Benget Herdian Panjaitan dalam laporan panitia sebelumnya mengatakan, tujuan kejuaran menembak senapan angin Samodok Cup I dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 TNI di Kabupaten Belu perbatasan RI-RDTL.

“Selain itu juga kita ingin perkenalkan ke masyarakat bagaimana tidak saja tembak berburu, tapi bagimana tunjukan kemampuan yang dimiliki,” ujar dia.

Selain itu, dengan kejuaraan lomba menembak Samodok Cup I yang dilaksanakan hari ini hingga final besok bisa memperoleh bibit-bibit baru atau atlet potensial di bidang olah raga menembak yang bisa diorbitkan ke tingkat nasional maupun internasional mewakili daerah.

“Tidak saja itu, lewat kegiatan ini juga kita ingin mengikat silaturahmi dengan masyarakat dan pihak Perbakin khususnya di daerah Belu. Kita juga bisa undang warga kesini, sehingga mematahkan gap dan merubah stigma warga bahwa TNI itu,” terang Panjaitan.

Lanjut dia, kejuaraan menembak senapan angin telah sesuai standar Perbankin. Ada kelas metal silhouete multi range senapan PCP + telescope dan senapan pompa atau uklik + telescope dan tembak eksebisi.Tujuan lain kami juga ingin perkenalkan ke masyarakat Belu bahwa kita memiliki alustita senjata ringan.

“Kami berharap pelaksanaan lomba tembak senapan angin berjalan dengan lancar dan tertib,” kata Panjaitan.

Ketua Perbakin Belu, Modestus Ayub Hidayat menuturkan, kejuaran menembak senapan angin dalam rangka peringati HUT ke-74 TNI dengan tujuan untuk mengasah tembak. Sehingga dapat berprestasi di even nasional sekaligus wahana tingkatkan silaturahmi TNI-POLRI, atlet dan seluruh komponen masyarakat.

Disamping itu juga pelaksanaan lomba ini jadikan moment bagi prajurit meningkatkan kemampuan dan masyarakat. Juga wahana jadikan refresing, tingkatkan potensi meraih prestasi. “Oleh karena itu kami berikan apresiasi kepada panitia kegiatan yang telah siapkan segalanya sehingga kegiatannya dapat terlaksana,” ucap dia.

Untuk diketahui lomba tembak senapan angin dan eksebisi Samodok Cup I tahun 2019 diikuti sebanyak 130 orang baik dari Kabupaten Belu maupun Kabupaten tetangga yang akan perebutkan hadiah utama satu unit sepeda motor bagi juara umum dan hadiah lain bagi juara selain juara umum.