HUT ke-74, TNI Tingkatkan Kewaspadaan, Profesionalitas dan SDM

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Dandim 1605/Belu, Letkol Inf. Ari Dwi Nugroho menjadi inspektur upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Tentara Nasional Indonesia (TNI) tahun 2019 di Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan RI-RDTL, Sabtu (5/10).

Upacara peringatan HUT ke-74 TNI berlangsung di lapangan Mako Yonif Raider Khusus 744/SYB, Tobir, Desa Manleten, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu. Adapun tema HUT TNI ke-74 tahun 2019 “TNI profesional kebanggaan rakyat”.

Hadir dalam upacara peringatan tersebut, Kapolres Belu, Dansatgas Yonif Raider 142/KJ, Wadan Yonif Raidersus 744/, Pimpinan OPD/Forkopimda Belu, Anggota DPRD Belu, Kepala BNNK Belu, Tokoh Agama serta tamu undangan lainnya.

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dalam sambutannya yang dibacakan Dandim Belu, Letkol Inf. Ari Dwi Nugroho menyampaikan rasa bangga dirinya kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI yang telah menunjukkan profesionalitasnya dalam melaksanakan setiap tugas yang telah dipercayakan rakyat, bangsa dan negara.

“Saya yakin keluarga dan seluruh rakyat Indonesia juga bangga terhadap profesionalitas TNI-nya. Hal itu harus disyukuri sekaligus menjadi cambuk bagi kita semua untuk berbuat lebih baik lagi,” ujar dia.

Dikatakan, sebagai alat negara, tugas TNI tidak terlepas dari perubahan lingkungan strategis yang berkembang dinamis dan semakin kompleks. Perkembangan dunia telah menciptakan dimensi dan metode peperangan baru. Kemajuan teknologi yang sangat berguna bagi kehidupan manusia, juga membawa dampak disruptif di berbagai bidang.

Ditekankan kepada seluruh prajurit TNI/PNS dimanapun bertugas agar
perkokoh iman dan takwa kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta luaskan hati untuk terus beribadah, karena hanya kepada-Nya lah kita berserah diri.

Tingkatkan soliditas TNI, pegang teguh nilai-nilai keprajuritan serta kemanunggalan TNI dengan rakyat, agar kita selalu menjadi pemersatu dan perekat bangsa yang ber Bhinneka Tunggal Ika.

Tingkatkan kewaspadaan dan profesionalitas serta kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi berbagai macam tantangan tugas yang kian kompleks.

Sikapi berbagai kemajuan dengan bijak, jadilah agen perubahan yang positif. Jalanilah setiap tugas secara ikhlas, karena tugas kita adalah semata mata untuk kepentingan bangsa dan negara tercinta ini.