Pemprov NTT Tanda Tangan MoU Dengan Felda

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Sesuai rencana, 4 Oktober 2019 Pemerintah NTT dan Federal Land Development Authority (Felda), sebuah perusahaan terbesar asal Malaysia menandatangani nota kesepahaman, memorandum of understanding (MoU) untuk merekrut dan mempekerjakan tenaga kerja asal NTT untuk bekerja di perkebunan kelapa sawit milik perusahaan itu.

Kepala Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi NTT, Sisilia Sona sampaikan ini kepada wartawan di Kupang, Kamis (3/10/2019).

Ia mengatakan, komunikasi dengan Felda telah dilakukan beberapa waktu lalu. Saat itu perusahaan menyampaikan kalau mereka membutuhkan 11.000 tenaga kerja untuk bekerja di perusahaan perkebunan kelapa sawit dimaksud. Tindak lanjut komunikasi itu dilakukan penandatanganan MoU yang sedianya dilaksanakan pada 4 Oktober di Kupang.

“Setelah penandatanganan, pada hari yang sama dilanjutkan dengan pendidikan dan pelatihan untuk calon tenaga kerja yang akan bekerja di Felda,” kata Sisilia.

Ia menyampaikan, calon tenaga kerja yang sudah terdaftar dan mengikuti pelatihan sebanyak 60 orang. Kemungkinan jumlahnya masih akan bertambah. Mereka akan mengikuti pendidikan dan pelatihan selama lima hari di Balai Latihan Kerja (BLK) Kupang. Selanjutnya dilakukan uji kompetensi dan mereka yang dinyatakan lulus, dikirim untuk bekerja di Felda Malaysia.

“Semua biaya selama kegiatan pelatihan, sepenuhnya ditanggung perusahaan Felda,” ujar Sisilia.

Pada kesempatan itu ia mengungkapkan, perekrutan calon tenaga kerja untuk bekerja di Felda ini dilakukan oleh pemerintah secara berjenjang di setiap tingkatan. Mekanisme perekrutan itu sesuai UU 18/2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI). Walau perekrutan oleh pemerintah tapi penempatan oleh Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3PMI).