Pra TMMD 106, Kodim Belu Bangun MCK, Bak Air, Perpustakaan di Desa Fohoeka di Perbatasan RI-RDTL

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Pra Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 tahun 2019, Kodim 1605/Belu tengah melaksanakan berbagai pembangunan di Desa Fohoeka, Kecamatan Nanaet Duabesi, Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan RI-RDTL.

Pelaksanaan Pra TMMD sejak Selasa 24 September lalu dimana prajurit TNI Kodim Belu bersama warga mengerjakan jamban atau MCK, bak air serta perpustakaan bagi warga di Desa Fohoeka yang berbatasan langsung dengan Distric Kovalima, Negara Timor Leste.

Menurut Dandim 1605/Belu, Letkol Inf Ari Dwi Nugroho kegiatan TMMD ke-106 berlokasi di Desa Fohoeka, Kecamatan Nanaet Duabesi akan dibuka tanggal 2 Oktober sampai dengan tanggal 31 Oktober mendatang.

“Sasaran kegiatan fisik program TMMD ke-106 ada dua yakni, pembukaan jalan sepanjang 2.200 meter lebar 6 meter dan pembuatan bak penampung air serta pemasangan jaringan pipa sepanjang 2 kilometer,” urai dia belum lama ini.

Dijelaskan bawah, untuk pipanisasi dan pembuatan bak air membantu masyarakat di wilayah Desa Fohoeka yang mana diketahui hingga saat ini masih terbatas atau kekurangan air bersih apalagi di musim kemarau.

“Kita berharap kegiatan TMMD berjalan lancar dan bermanfaat bagi masyarakat khususnya di daerah perbatasan itu,” pinta Ari Nugroho.

Lanjut dia, selain kegiatan fisik ada juga non fisik melakukan penyuluhan-penyuluhan dan sosialisasi seperti sosialisasi tentang wawasan kebangsaan dan sosialisasi tentang bela negara.
Kemudian sosialisasi tentang kesehatan dan keimigrasian mengingat daerah perbatasan karena aturan ini sangat penting bagi warga di perbatasan.

“Dalam pelaksanaan TTMD itu akan dilaksanakan penghijauan untuk menjaga dan melestarikan hutan, mengingat pohon sekarang sudah semakin jarang. Dengan menanam pohon sumber air yang ada dapat diperhatikan, sehingga masyarakat di daerah setempat dan sekitarnya tidak kesulitan air bersih,” pinta Ari Nugroho.