Sejumlah Target Satgas Yonif Raider 142/KJ Dibidang Teritorial Bagi Warga di Perbatasan Belu-RDTL

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Selain tupoksi menjaga perbatasan RI-RDTL, khususnya di wilayah Kabupaten Belu daerah yang berbatasan langsung dengan Negara Timor Leste, Satgas Yonif Raider 142/KJ juga memiliki sejumlah target dibidang teritorial.

Demikian Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif 142/KJ, Mayor Inf Ikhsanudin didampingi Wadansatgas dan Pasi Intel usai silaturahmi bersama awak media, Rabu (10/9/2019).

Menurut dia, dalam dua hari ini pihaknya masih sementara melakukan pembenahan kedalam, disamping mengamankan wilayah perbatasan, dan target dibidang teritorial sudah kita siapkan.

“Diantaranya bakti sosial, program buat rumah, pembuatan jamban untuk membantu warga masyarakat di daerah perbatasan Belu,” urai Ikhsanudin.

Lanjut dia, nantinya aksi bakti sosial akan kita datangi rumah-rumah warga yang sakit untuk melakukan pengobatan. Selain itu juga ada sarana air bersih yang akan kita bagi kepada warga kesulitan air.

“Selain itu sasaran di bidang penggerakan ekonomi, kita punya tenaga dibidang perikanan, peternakan lele kita sudah siapkan. Kemudian di bidang pendidikan, kesehatan juga sudah kita bawa tenaga-tenaga dan sudah kita programkan,” ujar dia.

Fokus utama di daerah perbatasan Belu jelas Ikhsanudin, pihaknya tengah melakukan pendataan stanting atau yang dikenal gizi buruk di setiap pos Satgas di sepanjang garis perbatasan.

“Nanti kita akan laporkan ke Dankolakops lanjutkan ke pangdam dan sampai ke Mabes TNI,” terang dia.

Terkait kerjasama dengan pihak keamanan Timor Leste di hari kedua, akui dia pihaknya memiliki pos-pos di sepanjang garis perbatasan yang berhadapan dengan pos-pos Timor Leste. Kita sudah perkenalkan diri juga dengan Polisi dari Timor Leste.

“Hubungan bagus sampai saat ini dan kita terus bangun koordinasi baik dengan pihak aparat Timor Leste juga dengan lintas sektor dua negara. Kita jaga terus hubungan, kolabirasi yang terjalin baik selalu kita jaga demi hubungan baik dengan negara tetangga,” ujar Ikhsanudin.