Lima Kelurahan di Kota Kupang Siap Dimekarkan

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Lima Kelurahan di Kota Kupang siap dimekarkan, saat ini sementara dalam proses konsultasi di Dirjen Otonomi Daerah di Kementerian Dalam Negeri.

Lima kelurahan yang akan dimekarkan, yaitu Kelurahan Fatululi, dimekarkan lagi menjadi kelurahan Oepoi, Kelurahan Liliba, dimekarkan lagi menjadi Kelurahan Liliba Timur, Kelurahan Sikumana menjadi Kelurahan Sikumana II, Kelurahan Namosain dimekarkan menjadi Kelurahan Namosain, dan Osmok, dan Kelurahan Oesapa menjadi Kelurahan Oesapa Timur.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tata Pem) Setda Kota Kupang, Yohana Koeain, mengatakan, rencana pemekaran kelurahan ini sudah melewati beberapa proses, diantaranya, Penyusun naskah akademik, sudah digelar FGD, konsultasi publik dan sudah dikonsultasikan ke tingkat provinsi.

“Jadi dalam waktu dekat kami akan masuk dalam tahapan konsultasi ke Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, selanjutnya jika sudah disetujui, maka akan disusun Ranperda dan akan dibahas bersama di DPRD Kota Kupang,” ujarnya saat diwawancarai di Hotel Cahaya Bapa, Selasa (10/9/2019).

Yohana mengaku, tujuan utama dalam pemekaran kelurahan yaitu untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, karena jika dalam suatu kelurahan jumlah warganya banyak, maka dalam pelayanan pun akan terhambat.

“Jadi memang tujuannya untuk mendekatkan payanan kepada masyarakat, ditambah dengan jumlah penduduk Kota Kupang yang semakin hari semakin meningkat ini, maka tentunya pemekaran kelurahan menjadi solusi untuk pemerataan pelayanan dan pembangunan daerah,” ujarnya.

Dia menjelaskan, syarat utama untuk memekarkan sebuah kelurahan yaitu paling sedikit 900 jiwa atau 180 KK, dengan luas wilayah paling sedikit 7 Kilometer persegi.

“Ditargetkan dalam tahun ini semua tahapan sudah bisa diselesaikan, sehingga bisa dilanjutkan dengan penetapan Perda agar segera disahkan. Jika di tambah maka jumlah kelurahan di Kota Kupang menjadi 56 kelurahan,” ujarnya.(NTT-N)