Pemerintah NTT Usul Dukungan ke Pemerintah Pusat, Tangani Trans Utara Flores

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Pemerintah NTT telah mengajukan usulan dukungan ke pemerintah pusat untuk menangani ruas jalan trans Utara Flores sekaligus ditingkatkan statusnya menjadi jalan strategis nasional.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) NTT, Maksi Nenabu sampaikan ini kepada wartawan di Kupang, Kamis (5/9/2019).

Menurut Maksi, ruas jalan trans Utara Flores cukup panjang. Kemampuan APBD NTT untuk menangani ruas jalan yang ada, rupanya agak sulit. Karena itu, Pemerintah NTT mengajukan usulan ke pemerintah pusat agar bisa dialokasikan dalam APBN. Sehingga penuntasan penanganan dilakukan secara bersamaan antara APBD dan APBN.

“Kita sudah kirim surat ke Kementerian PUPR agar dialokasikan dana untuk menangani beberapa titik ruas jalan di wilayah Utara Flores,” kata Maksi.

Selain meminta dukungan dana, lanjutnya, Pemerintah NTT juga mengajukan usulan peningkatan status menjadi strategis nasional. Untuk peningkatan status ini, diusulkan untuk beberapa ruas yakni trans Utara Flores, Trans Utara Timor, dan jalan menuju perbatasan negara Timor Leste.

“Kita terus meminta dukungan pemerintah pusat, apalagi Presiden Jokowi mempunyai kepedulian yang begitu tinggi terhadap pembangunan infrastruktur di NTT,” tandas Maksi.

Menjawab pertanyaan apakah sudah ada respon dari Kementerian PUPR terhadap usulan dimaksud, Maksi akui belum ada. Prinsipnya, upaya untuk mendapat dukungan dari pemerintah pusat tetap dilakukan.

“Kalau usulan yang diajukan itu dan jawab, kita pasti bersyukur. Karena kita tidak bisa mengandalkan APBD kita yang sangat terbatas untuk menangani infrastruktur,” ungkap Maksi.