Sidang ke-XI Tahun 2019, DPRD Belu dan Pemkab Sahkan Dua Ranperda

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Jelang akhir masa jabatan Anggota DPRD Belu periode 2015-2019 berhasil mengesahkan dua buah Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) di ruang sidang Dewan Belu, Time Barat wilayah perbatasan RI-RDTL, Senin (2/9/2019).

Dua Ranperda yakni, Perda Nomor 8 Tahun 2019 Tentang Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah serta Perda Nomor 9 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Ketentraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat.

Pantauan media, delapan (8) fraksi menyatakan setuju dengan dua Ranperda yang diajukan oleh Pemda Belu yang terungkap saat perwakilan fraksi menyampaikan pendapat akhirnya dalam sidang tersebut.

Selesai penyampaian pendapat akhir fraksi, dilanjutkan dengan penandatanganan pengesahan Ranperda menjadi Perda oleh Bupati Belu Willy Lay bersama Ketua DPRD Januaria Awalde Berek disaksikan oleh semua anggota legislatif dan Pimpinan OPD.

Ketua DPRD Januaria A. Berek menyampaikan bahwa semua kejadian selama berlangsungnya pelaksanaan sidang paripurna sebagai bagian dari dinamika persidangan.

Kesempatan itu diminta kepada Bupati dan Pimpinan OPD untuk tetap menjaga hubungan harmonis antara dua lembaga serta lebih berkoordinasi dan kerjasama yang lebih solid dengan lembaga DPRD dengan personil yang didominasi oleh wajah baru.

“Dalam pelaksanaan persidangan memang terjadi kendala yang cukup mengganggu antara Pemerintah dan Legislatif,” ujar Januaria yang akrab disapa Walde.

Namun, lanjut Walde semua itu bagian dari dinamika persidangan dan hal wajar, serta banyak wajah baru dominasi kursi parlemen.

Untuk diketahui, sidang dipimpin oleh Ketua DPRD Januaria Awalde Berek didampingi Wakil Ketua I Bene Hale, Wakil Ketua II Junior Manek JR bersama Bupati Willy Lay didampingi Sekda Petrus Bere serta seluruh Pimpinan OPD Belu.