40 Anggota DPRD Kota Kupang Akan Menjalani Orientasi Pada 16 September Mendatang

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Sekertaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Kupang, Adrianus Lusi mengatakan, sebanyak 40 Anggota DPRD Kota Kupang, yang baru dilantik pada 26 Agustus 2019 lalu, akan mengikuti masa orientasi pada tanggal 16 September mendatang.

“Sesuai rencana masa orientasi akan berlangsung selama lima hari, dan orientasi akan berlangsung di Kota Kupang,” kata Sekwan Adrianus Lusi kepada wartawan, di Gedung DPRD Kota Kupang, senin (02/09/2019).

Menurutnya, Orientasi ini penting bagi peningkatan kualitas dan pengetahuan anggota DPRD dalam mendukung tugas dan fungsi DPRD dalam menjalankan fungsi legislasi, Anggaran dan Pengawasan.

Selain itu, Orientasi ini bertujuan antara untuk memberikan sumbangan pemikiran serta peningkatan kapasitas dan kompetensi bagi pimpinan, anggota, setwan dan staf secretariat DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota mengenal pembaharuan tugas anggota legislative yang berlaku saat ini, membekali peserta agar memiliki kompetensi dan kemampuan profesi sebagai anggota legislativ yang merupakan wakil rakyat, meningkatkan wawasan, pengetahuan, kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia guna mendukung optimalisasi pelaksanaan tugas-tugas DPRD dan mempersiapkan peserta dalam memposisikan dirinya di kehidupan berpolitik.

Menurutnya, untuk orientasi anggota DPRD Kota Kupang akan ditangani oleh Pemerinah Provinsi lewat Badan Pendidikan dan Sumber Daya Manusia. Setelah masa orientasi baru dilanjutkan dengan Bimbingan Teknis, atau Bimtek. Bimtek yang akan dijlalani anggota DPRD adalah bimtek pendalaman tugas, untuk menambah pengetahuan DPRD menyangkut tugas pokok dan fungsinya, atau Tupoksi.