Kunjungi Perbatasan RI-RDTL, Panglima TNI Pertemuan Dengan Panglima F-FDTL di PLBN Mota’ain

Bagikan Artikel ini

Laporannya Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste, Kamis (29/8/2019).

Panglima Hadi Tjahjanto bersama rombongan Perwira TNI tiba di Bandara Udara (Bandar) A. A Bere Tallo, Haliwen menggunakan pesawat TNI AU CN 295 nomor penerbangan A2908.

Tiba di Bandara, Panglima TNI disambut Dandim 1605/Belu Letkol Inf A. Dwi Nugroho lanjut pengalungan tais (kain adat) daerah oleh Bupati Belu Willy Lay didampingi Kapolres Belu AKBP Christian Tobing serta para Perwira TNI-POLRI.

Dalam kunjungan itu Panglima Hadi Tjahjanto meninjau Pos Mota’ain I Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 408/SBH di perbatasan Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur dengan Distric Bobonaro.

Selanjutnya Panglima TNI meninjau pintu batas dua negara sekaligus menjemput Panglima F-FDTL Mayor Jenderal FDTL Lere Anan Timor bersama para Perwira didampingi Agen Konsulat RDTL di Atambua, Atase Pertahanan RI di Timor Leste.

Rombongan Panglima F-FDTL disambut Hasei Hawaka oleh tua adat, lanjut pengalungan kain adat (tais) diiringi tarian daerah menuju air mancur foto bersama lanjut dengan pertemuan dua Jenderal di salah satu ruangan PLBN Mota’ain.

Panglima Hadi Tjahjanto mengaku, kunjungan hari ini dengan Jenderal Lere sahabat dekat dan Negara paling dekat dengan Timor Leste. Dalam kunjungan ke perbatasan RI-Timor Leste diundang juga Panglima angkatan bersenjata F-FDTL.

“Kebetulan saya berkunjung ke perbatasan RI-Timor Leste dan saya sekaligus mengundang beliau untuk berbincang-bincang terkait kerjasama antara kedua angkatan bersenjata,” ujar dia.

Lanjut Panglima TNI, kita melihat bahwa kita banyak memiliki kemampuan untuk pendidikan mulai dari tamtama, bintara maupun perwira.

“Kami juga ingin menawarkan kerjasama pendidikan baik itu untuk angkatan darat, angkatan laut maupun angkatan udara dari level tantama, bintara sampai perwira,” ujar Hadi kepada awak media.

Menurut dia, kunjungan ini sangat lua biasa karena pertemuan antara kedua Panglima angkata bersenjata di perbatasan RI-Timor Leste. “Saya bisa masuk dua langkah kesana dan beliau bisa masuk 100 meter kesini,” beber Panglima TNI.

Turut mendampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Asops Panglima TNI Mayjen TNI Ganif Warsito, Aslog Panglima TNI Marsda TNI Kukuh Sudibyanto, Pangdam XIII/ KSR Mayjen TNI Joppye Onesimus W, Pangarmada III Laksda TNI I.Nyoman Gede Aryawan, Pangkoopsau III Marsda TNI Andyawan Martono, Kapuskersin TNI Laksma TNI Didik Kurniawan dan Pangdam IX/Udayana, Mayjen Benny Susianto.