Diterjang Angin, Pohon Tumbang Tutup Jalan Hingga Timpa Kabel Listrik dan Telkom Putus

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Satu pohon sedang di alun-alun pasar senggol Atambua, Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan RI-RDTL tumbang setelah diterjang angin kencang, Rabu (28/8/2019) siang.

Pohon tumbang sekitar pukul 10.25 Wita dan menutup jalan raya diantara pasar senggol dan lapangan umum Atambua. Selain menutup jalan, pohon tumbang menimpa kabel listrik lampu penerangan dan kabel telkom hingga putus.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden pohon tumbang itu, karena bersamaan tidak ada kendaraan roda besar, roda kecil ataupun warga yang melintasi jalur di alun-alun tepatnya depan Halte Kopi.

Keterangan yang dihimpun dari beberapa saksi di lokasi mengaku, sebelum pohon tumbang angin sangat kencang. Mereka kaget dengan bunyi keras ternyata pohon disamping mereka yang patah.

“Angin keras, tiba-tiba dengan bunyi dan lihat pohon sudah patah dan tutup jalan raya. Untung tidak ada kendaraan atau warga lewat jalur ini, hanya kabel yang putus,” ujar mereka.

Insiden pohon tumbang itu merusak jaringan kabel listrik lampu penerangan jalan yang terpasang di lapangan dan pasar senggol juga kabel telkom yang terpasang di jalur tersebut.

Petugas Satlantas Polres Belu yang tiba di lokasi kejadian langsung menutup jalur tersebut. Nampak Petugas dari BPBD Kabupaten Belu yang tiba di lokasi langsung memotong batang pohon tumbang menggunaka alat motor sensor.

Selain itu petugas lampu penerangan jalan Pemda Belu menggunakan kendaraan tangga dan petugas PLN terlihat membetulkan jaringan kabel telkom, listrik yang putus tertimpa pohon.

Kejadian pohon tumbang menyebabkan akses jalur itu ditutup sementara lantaran petugas membersihkan pohon. Lalu lintas endaraan dialihkan sementara oleh petugas melewati jalur lain.

Butuh waktu dua jam petugas membersihkan pohon tumbang yang menutup jalan raya dan perbaikan kabel dsn akses kembali normal dilewati kendaraan umum.