DP3AP2KB Dengan FKM UPRI Gelar Penyuluhan Narkoba dan HIV/Aids di SMAN 6 Kabupaten Sinjai

Bagikan Artikel ini

Sinjai, NTTOnlinenow.com – Sebanyak 50an lebih pelajar yang terdiri dari pelajar SMP dan Pelajar SMA dan sederajat di Kecamatan Sinjai Barat, Kabupate Sinjai, Kamis siang tanggal 22 Agustus 2019 mengikuti penyuluhan bertemakan bahaya narkoba dan pencegahan HIV AIDS di kalangan remaja, sukses dilaksanakan berkat kerjasama baik antara Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UPRI Makassar.

Keterangan tertulis yang diterima NTTOnlinenow.com mejelaskan, kegiatan penyuluhan yang berlangsung selama sehari penuh ini, di hadiri langsung oleh Bapak Camat Sinjai Barat yang dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa generasi muda kecamatan Sinjai Barat, saat ini membutuhkan pengetahuan lengkap terhadap bahaya peredaran Narkoba, serta pemahaman dasar dan aktual tentang dampak buruk yang akan diterima bagi penderita HIV AIDS. Narkoba dan HIV AIDS sangat memiliki keterkaitan, bahkan asal muasal mengapa seseorang menderita HIV AIDS dikarenakan tindakan penyalahgunaan Narkoba.

Kegiatan ini di buka langsung oleh Ibu Dra. Hj. Mas Ati, M. Si, M. Pd yang juga Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sinjai, menyampaikan terima kasih yang sebesar besarnya kepada kedua narasumber dari FKM UPRI Makassar serta rasa bangga kepada semua peserta yang hadir, sebab dinilai bahwa kegiatan ini sangatlah bermanfaat untuk menghindarkan generasi muda saat ini sebagai generasi pelanjut pembangunan yang akan menjadi tumpuan harapan daerah dan bangsa agar terhindar dari permasalahan narkoba dan HIV AIDS yang dapat merusak tatanan hidup masyarakat tanpa mengenal usia, status sosial, jenis kelamin.

Narasumber yang dihadirkan pada kegiatan penyuluhan ini yaitu, Bapak Abdul Gafur, SKM, M. Kes, yang berprofesi sebagai seorang dosen di Fakultas Kesehatan Masyarakat UPRI Makassar, sedangkan narasumber lainnya yaitu tiga mahasiswa FKM UPRI Adrianti, Dafira dan Helvira yang di dampingi langsung oleh Bapak Andi Alim, SKM. M. Kes yang juga merupakan Wakil Dekan III FKM UPRI Makassar. Dalam paparan narasumber, para peserta dijelaskan berbagai jenis narkoba dan dampak yang dapat ditimbulkan jika mengkonsumsi narkoba. Menyalahgunakan Narkoba atau obat-obatan yang tidak ada resepnya dari dokter dapat merusak brain dan body, sehingga diharapkan para peserta dapat hidup sehat, berprestasi tanpa narkoba. (Budiman)