Pemkot Kupang Gelar Gerakan Masif Bersihkan Sampah

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Bertempat di Pantai Pasir Panjang, Kelurahan Pasir Panjang, Kecamata Kota Lama, Pemerintah Kota Kupang, meluncurkan gerakan masif membersihkan sampah, pada hari Jumat 9 Agustus 2019. Gerakan masif membersihkan sampah itu di buka secara langsung oleh Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore, yang melibatkan sebanyak 50 ribu orang, yang terdiri dari siswa SD, SMP, dan SMA. Aparatur Sipil Negara, atau ASN, TNI, Polri, dan masyarakat umum.

Gerakan masif membersihkan sampah dimulai dengan Pembersihan sampah akan dilakukan disepanjang pesisir pantai, dari Pasir Panjang, hingga ke pesisir pantai di Kelurahan Fatubesi.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Wali Kota Kupang, Hermanus Man, seluruh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, atau OPD, serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, atau Forkopimda.

Wali Kota Kupang, dalam sambutanya saat meluncurkan gerakan masif membersihkan sampah, di Pantai Pasir Panjang mengatakan, gerakan masif yang dilakukan masyarakat bertujuan mengajak masyarakat untuk membersihkan sampah bersama, sekaligus mengajak masyrakat untuk bertanggung jawab membersihkan lingkungan tanpa harus tergantung pada pemerintah, khususnya dinas kebersihan.

Menurutnya, gerakan ini merupakan gerakan moral kepada masyarakat untuk membersihkan lingkungan, dan Wali kota berharap kegiatan ini bisa ditularkan untuk semua masyarakat, agar kota kupamg terlihat bersih.

Wali Kota juga menghimbau kepada para guru, dan orang tua untuk tanamkan semangat bersih kepada seluruh siswa sekolah, dan keluarga dirumah. Hal itu perlu di lakukan untuk merubah kota kupang dari kota terkotor menjadi kota yang bersih, dan kebersihan dimulai dari dalam keluarga, sekolah, kantor, dan tempat kerja masing-masing.

Dalam Kegiatan Gerakan Masif membersihkan Sampah di Pantai Pasir Panjang, juga ditandai dengan penyerahan anakan Pohon Sepe secara simbolis kepada seluruh camat se-Kota Kupang, dan 1000 tong sampah. Seribu tong sampah yang dibagikan kepada Camat nantinya akan distribusi kepada kelurahan. Tempat sampah yang dibagikan ada dua jenis yaitu tempat sampah untuk Sampah Organik dan Sampah non Organik.