Pemkot Kupang Akan Berlakukan Satu Arah di Jalan Soedirman

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore, mengatakan pemerintah Kota Kupang berencana akan memberlakukan satu arah jalan dibeberapa ruas jalan di Kota Kupang, seperti dijalan Soedirman, dan beberapa ruas jalan lainnya. Hal ini dilakukan untuk menata arus lalu lintas dengan baik, sekaligus untuk mengatasi kemacetan di Kota Kupang.

“Kondisi arus lalu lintas di Kota Kupang perlu ditata secara baik karena tingkat kemacetan yang mulai sangat tinggi,” kata Jefri Riwu Kore.

Wali Kota mengaku, pembangunan di Kota Kupang terus berkembang pesat, disertai pertumbuhan kendaraan yang sangat banyak. Namun disatu sisi pesatnya pertumbuhan kendaraan dan pembangunan, tidak disertai dengan bertambahnya ruas jalan, sehingga pemerintah berupaya untuk menyiasati dengan berbagai kebijakan, dan salah satunnya adalah memberlakukan satu arah jalan dibeberapa ruas jalan yang dianggap menjadi sumber kemacetan di Kota Kupang

Wali Kota mengaku, sebelum memberlakukan satu ruas jalan, khususnya dijalan Soedirman, Pemerintah telah mengusulkan anggaran ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, atau PUPR-RI untuk penataan trotoar jalan di Kota Kupang, dan saat ini pihak Kementerian PUPR sudah menyetujui anggaran pembangunan Rp 50 miliar, Rencananya mulai dialokasikan pada tahun anggaran 2020.

Menurut Jefri, lokasi pembangunan trotoar, yakni dari Bandara El tari sampai Bundaran Tirosa. Selanjutnya, di sepanjang Jalan Soedirman di Kuanino. Trotoar di sepanjang Jalan Sudirman akan dibikin baru. Selanjutnya, Pemkot akan ada larangan untuk tidak boleh parkir di badan jalan atau di trotoar. Pemkot akan membuat aturan khusus. Tidak ada lagi bongkar muat bahan bangunan di sepanjang jalan tersebut.