Pemkot Kupang Akan Luncurkan 157 Titik Hotspot Gratis Pada Agustus Mendatang

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore mengatakan, untuk mewujutkan salah satu program pemerintah yaitu, Kupang Smart City, Pemerintah Kota Kupang akan melakukan pemasangan 157 titik Hotspot Gratis, atau jaringan internet gratis, yang bisa diakses masyarakat, di 51 Kelurahan di Kota Kupang. Sesuai rencana peluncuran 157 Hotspot gratis akan dilakukan pada tanggal 20 Agustus 2019 mendatang.

“Sesuai dengan tekat kami menjadikan Kota Kupang, sebagai Smart City, program ini segera diluncurkan,” kata Wali Kota Kepada Wartawan di Balai Kota Kupang, Rabu tanggal 31 Juli 2019.

Jefri Riwu Kore mengatakan, Peluncuran hotspot gratis merupakan tekad pemerintah untuk merubah Kota Kupang, menjadi Kota yang melek teknologi, sehingga Kota Kupang tidak kalah dengan Kota-Kota besar yang ada di Indonesia.

Menurutnya, Peluncuran 156 Hotspot Gratis akan berlangsung di Kelurahan Naioni Kecamatan Maulafa. Alasan Pemerintah meluncurkan Hotspot gratis dikelurahan Naioni, yang letaknya dipinggiran Kota Kupang, untuk memastikan bahwa pemerintah bertekat untuk memastikan semua masyarakat baik itu yang berada ditengah Kota, maupun di pinggiran Kota bisa mengakses teknologi, sehingga tidak ada lagi masyarakat di Kota Kupang yang gagap teknologi, atau Gabtek.

Menurutnya, untuk pengadaan 157 titik hotspot Gratis, tidak seluruhnya menggunakan dana APBD, tetapi dibantu juga oleh pihak ketiga, dalam hal ini beberapa perusahan lewat dana Sosial Perusahan, atau Corporate Social Responsibility (CSR).

Wali Kota mengaku, selain penyediaan 157 titik hotspot gratis, pemerintah Kota Kupang juga bekerjasama dengan provider penyedia jasa internet di Kota Kupang, untuk menyiapkan layanan murah bagi masyarakat yang ingin memasang jaringan Wifi dirumah. Sesuai Kesepakatan dengan Pemerintah Kota Kupang, pihak Provider akan menurunkan biaya langganan perbulannya yang mencapai Rp.500 ribu, akan diturunkan menjadi menjadi Rp.200 ribu lebih saja.

“Jadi kami sudah bangun komitmen dengan penyedia jasa internet, sehingga harga langganan perbulannya akan diturunkan, sehingga banyak warga bisa mendapat akses internet dengan biaya yang murah,” Kata Wali Kota.