Wakil Rektor Undana Uji Coba Kendarai Motor Listrik

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Wakil Rektor III Universitas Nusa Cendana (Undana), Dr. Siprianus Suban Garak M.Sc terlihat mencoba mengendarai sepeda motor listrik di lingkungan Rektorat kampus tersebut, Selasa (16/7/2019).

Seusai mencoba atau melakukan test drive itu, Siprianus mengaku, tarikan sepeda motor listrik sangat halus. “Memang tadi kita sudah coba, dari segi halus, kasar, ini halus sekali dan luar biasa, tidak ada bising, tidak memiliki knalpot sehingga tidak mengeluarkan suara dan asap,” ungkapnya.

Menurut Siprianus, ini adalah inovasi pengelolaan energy yang harus terus dikembangkan. “Mudah-mudahan bisa diperbaharui lagi dan nyaman dalam berkendara, memang kita coba dalam ruang lingkup sempit dan lajunya stabil,” katanya.

Siprianus juga mencoba memasak menggunakan kompor induksi langsung. Ternyata, menurutnya tidak ada api, tidak panas, lebih cepat dan mudah dibawa ke mana saja.

Senada disampaikan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Christien C. Foenay, ST, SE, M.Si. Menurutnya, motor listrik bukan merupakan hal yang baru baginya, karena mahasiswanya dulu juga sudah mendapat motor listrik dari PLN.

“Ini green energy yang baik, dimana dies natalis kita yang akan datang ada lomba green goes to campus dan ada penilaian lingkungan sebelum dan sesudah dan mungkin ini menjadi barometer kita juga yang akan ditawarkan nanti untuk mahasiswa bisa menggunakan motor listrik,” ungkapnya.

Senior Manager PLN UIW NTT, Galih Chrissetyo menyampaikan, PLN sangat komitmen membangun hubungan stakeholder yang baik, salah satunya dari dunia pendidikan yaitu dengan Undana.

“Dengan mendorong putra/ putri NTT yang akan dan sudah bergabung menjadi keluarga besar PLN seperti kelas D3 Kerja sama Politeknik Negri Kupang dan lulusan Undana juga sudah banyak yang bergabung dalam PLN Group,” katanya.

Menurutnya, PLN siap mendukung produk dan pelayanan kelistrikan seperti memperkenalkan electrifying lifestyle, dengan konvoi motor listrik, demo masak menggunakan kompor induksi dan nantinya PLN Group akan mengisi kuliah umum untuk mengedukasi Electrifying Life Style bagi mahasiswa di Kota Kupang dan NTT umumnya.

“Ini untuk mempersiapkan diri dalam Era Revolusi Industry 4.0 dan menyiapkan kompetensi agar juga bisa bergabung dengan PLN Group untuk mewujudkan green energy masa depan,” ujarnya.

Maria Funan, salah seorang mahasiswi D3 kelas kerja sama politeknik mengaku sangat antusias dengan program yang diperkenalkan terkait penggunaan kompor induksi dan motor listrik tersebut.

“Kami sangat senang dengan ikut kelas D3 kerja sama PLN, bisa magang dan ikut langsung dalam acara PLN, banyak sekali pengalaman dan sangat memotivasi, dan kami bangga sebagai milennial PLN nantinya,” ujarnya.