Kota Kupang Usul 262 Formasi CPNS Ditahun 2019

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Kupang, Ade Manafe mengatakan, Pemerintah Kota Kupang telah mengusulkan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, atau Kemenpan RB, terkait formasi Calon Pegawai Negeri Sipil, atau CPNS tahun 2019.

“Kami sudah usulkan formasi CPNS untuk tahun 2019,” kata Ade Manafe kepada wartawan.

Menurutnya, Pemerintah Kota Kupang mengusulkan sebanyak 872 formasi, yang terdiri dari CPNS Daerah sebanyak 262 formasi dan untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak Kerja, atau P3K sebanyak 610 Formasi.

Ade Manafe mengatakan, Formasi sudah sudah dikirimkan pada tanggal 12 Juli kemarin, dan nantinya akan diinput oleh Kemenpan RB, lalu akan disesuaikan dengan kuota secara nasional.

Ade Manafe mengaku, sesuai dengan arahan Kemenpan RB, pemerintah di daerah hanya mengusulkan formasi PNS yang dibutuhkan saja, selanjutnya, pemerintah pusat yang akan menyesuaikannya sesuai dengan kuota yang ditetapkan secara nasional.

Menurutnya, Kota Kupang saat ini sangat membutuhkan PNS baru agar dapat membantu jalannya birokrasi pemerintahan, pasalnya, semakin banyak ASN yang memasuki masa purna bakti, namun tidak seimbang dengan jumlah ASN baru.

Sementara terkait jadwal seleksi CPNS tahun 2019, Ade Manafe mengaku belum menerima petunjuk secara resmi dari pemerintah pusat. Prinsipnya pemerintah di daerah hanya mengikuti petunjuk teknis yang diberikan.