Dapat DAK Rp26 Miliar, Dinkes Bangun Dua Puskesmas

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Dinas Kesehatan Kota Kupang mendapatkan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019 sebesar Rp 26 miliar, yang terdiri dari DAK fisik dan non fisik.

Untuk DAK fisik untuk pembangunan fisik, semua proyek sudah mulai dikerjakan, mulai dari pembangunan Puskesmas Naioni dengan anggaran sebesar Rp 3,2 miliar, dan Puskesmas Kupang Kota dengan anggaran sebesar Rp 2,8 miliar, obat sebesar Rp 6 miliar dan pembelian IPAL Rp 2 miliar.

“Kami memang kejar untuk progres penyerapan anggaran DAK fisik. Semua proyek sudah selesai ditenderkan dan mulai pengerjaan fisik pada 31 Mei tahun 2019. Kenapa kami kejar, karena memang jika penyerapannya tidak sesuai target, maka nantinya DAK untuk Kota Kupang di Dinas Kesehatan akan menurun di tahun berikutnya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang,

Ari Wijana mengaku, sesuai rencana kedua puskesmas akan dibangun dengan konstruksi dua lantai agar sama seperti puskesmas lainnya yang dibangun dengan konstruksi yang sama.

“Pembangunan dua puskesmas ini bisa dikategorikan rehab berat, karena bangunannya sudah ada, tetapi dibangun baru diatas lahan yang sudah ada sekarang,” kata Ari.

Ari mengaku, rata-rata lahan puskesmas di Kota Kupang masih terbatas sehingga konstruksi bangunan puskesmas harus disesuaikan dengan lahan yang ada, dengan kontruksi bangunan keatas atau bertingkat.

Selain puskesmas Kupang Kota dan Naioni, Ari mengaku, tahun 2019 ini Dinas Kesehatan juga menganggarkan untuk pembangunan ruang rawat inap Puskesmas Oesapa dengan anggaran Rp.1,5 miliar.

“Kami juga membangun ruang rawat inap untuk puskesmas Pasir Panjang, Puskesmas Alak juga ditambah ruang rawat inap pasien biasa. Ada juga beberapa pustu yang dikembangkan dan direhab,” ujarnya.

Dia berharap pembangunan semua proyek Puskesmas ini bisa selesai tepat waktu dengan kualitas yang baik pula, agar pelayanan yang diberikan kepada masyarakat juga bisa lebih baik.

“Kami targetkan nanti pada Oktober atau November semua proyek sudah selesai, agar pemanfaatannya juga bisa dilakukan segera. Pasalnya, untuk puskesmas Kupang Kota pelayanannya dipindahkan di Kelurahan Solor untuk sementara waktu, karena bangunannya sementara dikerjakan,” ungkapnya.