IBM ASMI Gandeng IKALASMI, Luncurkan Dua Lembaga Baru Di Bidang UMKM Dan Pemberdayaan Perempuan

Bagikan Artikel ini

Laporan Frans Watu
Jakarta, NTTOnlinenow.com – Hari ini suasan Kampus Ungu IBM ASMI tidak seperti biasanya, ribuan alumni dari berbagai angkatan tumpah ruah memenuhi Kampus yang dulu dikenal dengan tamatan yang siap kerja di bilangan Pacuan Kuda, Pulomas. ‘Make ASMI Great Again’ menjadi tema reuini akbar yang diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis Ke 57 IBM ASMI, Sabtu (13/7/2019).

IBM ASMI tidak hanya menyelenggaraka reuni akbar, namun even ini diisi dengan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan visi IBM ASMI setelah penggabungan antar Akademi Sekretari & Manajemen Indonenesia (ASMI) dan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM).

Sesi pertama diisi dengan seminar dan workshop tentang Aksebilitas Permodalan dan Cara Membuat Proposal Kelembagaan Pembiyaan Dana Bergulir (LPDB) Bagi Pengusaha Perempuan, bekerjasama dengan Kementrian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (PPPA) dan Kekayaan Intelektual Untuk Meningkatkan Daya Saing Indonesia, Free Pengurusan Hak Paten bekerjasama dengan Kemetrian Koperasi Dan UMKM.

Bertepatan dengan perayaan dies natalis dan reuni akabar tersebut dilakukan peresmian UKM ASMI Center dan Women Empoworment Center oleh Asisten Deputi Pengembangan Investasi Kementrian Koperasi dan UMKM Ir.Sri Istiati dan Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat Kemetrian PPPA Indra Gunawan didamping Ketua Yayasan Lembaga Pendidikan Gidion Anggelica Tengker dan Rektor IBM ASMI Dr.Freddy Rumambi,MM.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita sebagai tanda hadirnya kedua Lembaga yang akan melibatkan alumni dan penggiat perempuan dan UMKM yang pengembangannya di bawah Yayasan Pengembangan Pendidikan Gideon (YLPG). Nampak hadir Dr.Sitti Hikmawatty, S.ST,M.Pd. Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia, Krisdianto Soedarmono Direktur Bisnis Lembaga Pengelolaan Dana Bergulir Koperasi Dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Ada ruang yang dapat disinergikan antara Kampus dengan alumni dalam mendorong pencapaian “make ASMI great again” jika melihat antusias alumni hari ini, tutur Andri Tenri Engka alumni 1990 yang sehari-harinya terlibat di salah satu Fraksi di DPR RI.

Kehadiran ribuan mahasiswa membuat rektor IBM ASMI optimis IBM ASMI akan tetap konsen sebagai kampus yang siap melahirkan alumni yang siap pakai setelah selesai kuliah. “ saya selalu melihat peran mahasiswa terlebih dahulu yang harus ditingkatkan, salah satunya lewat praktek di bidang kewirausahaan, karena itu kami ingin fokus pada peningkatan kemampuan mahasiswa di bidang kewirausahaan, tegas rektor IBM ASMI Dr.Freddy Rumambi,MM mantan dosen Univeritas Pertahanan.

“Ini adalah wujud kepedulian Alumni IBM ASMI dan Yayasan Lembaga Pendidikan Gideon (YLPG) dalam pemberdayaan UMKM maupun pemberdayaan perempuan dengan memfasilitasi kegiatan advokasi, pendampingan dan konsultasi, kegiatan ini akan bersinergi dengan Instansi Pemerintahan dan Non Governmnet Organization (NGO), tegas Hernandy R.Karli, Ketua Ikatan Alumni ASMI (IKALASMI) alumni 1974 yang hari itu dikukuhkan oleh Angelica Tengker sebagai Ketua Ikatan Alumni ASMI (IKALASMI).

Keren tanda tangan alumni bisa berlaku bisa dapat dispensasi jika ada adik-adik atau teman yang mau kuliah atau melanjutkan studi ke jenjang S1 atau S2 di IBM ASMI, tutur Meilia Kurniawati (Lili), alumni Sekretaris tahun 1991. Yang tampak serius menyaksikan paparan Wakil Rektor 3 yang tengah mempromosikan IBM ASMI kepada para alumnus.

Kementrian PPPA mengapresiasi kehadiran dua lembaga yang dicetuskan pada reuni akbar IBM ASMI ke 57, tutur Indra Gunawan dalam sambutannya dihadan civitas IBM ASMI. Sementara itu Ir.Sri Istiati membacakan sambutan Menteri Koperasi dan UMKM tentang reformasi total koperasi di era revolusi industry 4.0. sambutan ini disampaiakan pada saat peringatan hari koperasi ke 71 tanggal 12 Juli di Purwokerto.

Kehadiran Benny Tengker (Benteng) membuat kegembiraan tersendiri bagi para alumni yang sudah berdesak-desakan sejak pagi. Serentak lagu di Kampus Ungu kita bersaudara terdengar dari para alumnus yang telah menanti kehadiran tokoh PRRI/Permesta yang pernah dianugerahi penghargaan Pembina olah raga perguruan tinggi oleh Presiden RI pertama dan Penghargaan Adimanggala Krida sebagai Pembina Olaraga Tingkat Nasional di era Presiden Megawati. Sosok Benteng punya kedekatan emosinal yang kuat dengan para alumni 1970-an hingga 1990-an.

Tangan dingin mantan Kepala Markas Distrik Resimen Mahasiswa Jakarta Timur/Batalyon 10 ini mencapai kejayaan dengan mencatat berbagai prestasi dari bidang pendidikan, paduan suara hingga berbagai cabang olah raga. Banyak atlit nasional mendapat bea siswa untuk mengenyam pendidikan di Kampus Ungu. Cabang bulutangkis ada nama Liem Swie King hingga Marcus Fernaldi Gideon (mahasiswa IBM ASMI) pasangan Kevin Sanjaya ganda nomor satu Indonesia saat ini yang dikenal dengan julukan Minions.

Kehadiran Benny Tengker rupanya menjadi kerinduan atlit senior ASMI, nampak hadir sejumlah atlit nasional dan pesepakbola ASMI seperti, Jony Edward Simanjuntak, Ricky N. Ndoen, Fery Darmawan, Jaelani, Frans Watu, Budiyanto, Etoy Faisal, Heri Setiawan, Bogan Waroto, Lusiana Taroreh, Luki Damapoli, Edo, Leo Tanasale.

“Senang kagum dengan tradisi yang telah dilakukan Benny Tengker, tadi Rektor dalam sambutannya menyampaikan jumlah atlit yang saat ini menerima bea siswa di IBM ASMI. Ini bagus untuk mengembalikan kejayaan ASMI dan tema reuni kali ini “make asmi great again” tepat sekali, saatnya alumni back to Kampus Ungu dan berbakti pada almamater, tegas Joni Edward Simanjuntak, mantan pemain Bina Taruna yang selalu menjadi top score diberbagai turnamen di Liga Mahasiswa ketika memperkuat ASMI FC.