PLN Berhasil Amankan Pasokan Listrik Selama Kunjungan Kerja Presiden Joko Widodo di NTT

Bagikan Artikel ini

Labuan Bajo,NTTOnlinenow.com – PLN Unit Induk Wilayah NTT berhasil mengamankan Kelistrikan dalam kunjungan kerja Presiden RI, Joko Widodo bersama rombongan di Kabupaten Manggarai Barat (10,11/7/2019).

Dengan melibatkan 59 Personil. Ada 9 (Sembilan) titik yang menjadi prioritas pengamanan pasokan listrik, yaitu Bandara Komodo, Hotel Ayana, Kawasan terpadu Marina, Pulau Rinca, Dermaga Turis/ Pilemon, Rumah Makan Atlantis, Gua Batu Cermin, Puncak Waringin , dan kampung ujung.

“Masing-masing lokasi mendapat pasokan listrik sebanyak dua hingga tiga lapis dan petugas siaga seperti Suplai utama tetap menggunakan penyulang pertama dan kedua back up genset,” Ungkap General Manager PLN UIW NTT Ignatius Rendroyoko.

Dijelaskan, Seperti di VVIP Bandara Komodo dengan penyupply Utama dari Penyulang Bandara 1.000 kVa dengan cadangan back up Genset 682 kW dan Genset 250kVa. Kedua di Hotel Ayana dengan suplay utama Penyulang Waecicu lalu di Backup : Penyulang Kampung Ujung dan Genset : 320 kVA dan Genset 320 kVa. Ketiga di Kampung Ujung di supply utama dari kampong ujung , lalu penyulang kedua dari penyulang Waecicu dan di back up genset 10kVa dan UPS 100 KvA. Keempat Atlantis Beach Club disuply utama dari Penyulang Hotel, lalu penyuplay cadangan penyulang Nanganae di back up genset 200 kVa dan UPS 200 kVa. Kelima Pulau Rinca disuply utama oleh Penyulang Rinca dan Keenam Gua Batu Cermin disuplay utama penyulang Bupati , lalu suplay cadangan penyulang Waemata.

Selama kunjungan tersebut, PLN menerapkan siaga kelistrikan dengan menyiapkan petugas siaga 24 jam, standart operating procedure (SOP) dan simulasi switching supply listrik apabila terjadi gangguan pada suplai utama di masing – masing titik dan sudah melakukan Uji switching dilakukan mulai dari hari Selasa (9/07/2019) hingga pukul 09.00 WITA.

Rendroyoko menyampaikan pasukan PLN selain di sembilan titik juga disiapkan tersebar dibeberapa titik yaitu lokasi Hotel La Prima, Exotic Komodo, Luwansa, Jayakarta, Bintang Flores, Plataran, dan kantor Bupati yang di supplay utama penyulang utama penyulang hotel, bandara dengan cadangan Penyulang Nanganae dan di back up Genset masing-masing hotel dari Genset 85 kW hingga Genset 363 kVa.

“Puji Tuhan semua tahap uji dan pelaksanaan selesai dan berjalan lancar, dari standby di Bandara Internasional Komodo, kesiapan dan simulasi pembangkit cadangan kapasitas dan simulasi switching yang kita lakukan apabila terjadi gangguan pada suplai utama maka backup suplai cadangan dan genset yang kami siapkan dapat langsung masuk dalam waktu kurang dari 1 detik,” Imbuh Rendroyoko.

Kunker RI 1 mendarat di Bandara Komodo sekitar pukul 14.10 Wita pada Rabu 10 Juli, Setelah tiba di Labuan Bajo, Jokowi dan rombongan Selanjutnya menuju puncak wairingin 15.07 wita, lalu ke Marina melihat sarana dan prasarana , lalu menuju hotel Ayana. Kamis (11/7) Presiden Jokowi melanjutkan perjalanan ke Pulau Rinca, Kemudian rumah makan atlantis, gua batu cermin dan ke bandara untuk kembali ke Jakarta.