Kompol Apolinario da Silva Jabat Kepala BNNK Belu

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Kompol Apolinario da Silva resmi menjabat Kepala Badan Narkotika Nasional (BNNK) Belu gantikan Pejabat lama Ferdinandus Bone Lau.

Sesuai informasi yang berhasil dihimpun, Rabu (10/7/19), pengangkatan Kompol Apolinario merujuk pada surat Kapolri, Jenderal Pol. H Muhammad Tito Karnavian yang ditanda-tangani Karo Binkar Mabes Polri, Brigjen Pol. H. E. Permadi tertanggal 19 Juni 2019 de perihal persetujuan penugasan anggota Polri di lingkungan BNN.

Penerbitan surat penugasan didasarkan pada surat permohonan Kepala BNN Nomor : R/273/VI/KA/KP. 03.01/2019/BNN tertanggal 14 Juni 2019 tentang permohonan penugasan dan alih jabatan personil Polri penugasan di lingkungan BNN Kabupaten Belu.

Atas rujukan itu, Kompol Apolinario da Silva yang menjabat Kabag OPS Polres Belu diangkat menjadi Kepala BNNK Belu, Timor Barat wilayah perbatasan RI-RDTL.

Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing saat dikonfirmasi wartawan usai peringatan HUT Bhayangkara di Lapangan Mota’ain, Desa Silawam, Kabupaten Belu, Rabu (10/7/19) siang membenarkan pengangkatan Kompol Apolinario menjadi Kepala BNNK Belu.

Menurut Tobing, Kompol Apolinario merupakan perwira Polres Belu yang berprestasi, karena penanganan kasus tindak pidana berskala internasional.

Hal itu jelas dia, merupakan prestasi Polres Belu sehingga reward menjadi motivasi bagi personil Belu dalam melaksanakan tugas di daerah perbatasan.

Seperti diberitakan sebelumnya, AKP Apolinario da Silva yang menjabat Kabag Ops Polres Belu dianugerahkan penghargaan berupa Kenaikan Pangkat Luar Biasa (KPLB) setingkat lebih tinggi dari pangkat AKP ke Komisaris Polisi (Kompol) oleh Kapolri Jenderal Pol. H. Tito Karnavian.

“Kenaikan pangkat luar biasa bagi Kabag Ops sesuai surat rahasia telegram dari Kapolri dari pangkat AKP menjadi Kompol,” ujar Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing dalam arahan saat upacara KPLB di lapangan Mapolres, Senin (11/2/2019).

Dikatakan, tentunya ini suatu berkat, karunia serta penghargaan dari organisasi Polri khususnya kepada Anggota yang memiliki prestasi, kemudian memiliki pengelaman dalam bertugas yang setelah itu dilakukan penelitian kemudian dilaksanakan rapat dewan kebijakan yang ada di Mabes Polri. Staf Mabes melakukan keputusan untuk menaikan pangkat setingkat lebih tinggi melalui proses kenaikan pangkat luar biasa kepada Anggota yang telah ditentukan.

“Ini merupakan suatu kebanggaan juga khususnya bagi seluruh personel Polres Belu bahwa ada satu Anggota kita dinaikan pangkat luar biasa bersama dengan teman-teman dari Detasemen khusus 88 anti teror,” kata Tobing.

Lanjut dia, ini juga menjadi pembelajaran bagi seluruh Anggota dan seluruh personel apabila kita dalam melaksanakan tugas memiliki pengelaman dan prestasi yang baik tentunya dari institusi akan memberikan reward kepada personel yang dalam penugasannya memiliki catatan baik prestasi baik juga memiliki kinerja yang baik.