25 Pemuda NTT Magang di Australia Ikut Kursus Bahasa Inggris

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Sebanyak 25 pemuda-pemudi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang akan magang pendidikan pariwisata di Universitas Griffith, di South East Queensland Australia guna mendukung pengembangan sektor pariwisata saat ini sedang mengikuti kursus bahasa Inggris di laboratorium bahasa Undana Kupang.

Kepala Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi NTT, Sisilia Sona sampaikan ini kepada wartawan di Kupang, Kamis (11/7/2019).

Sisilia menjelaskan, 25 pemuda-pemudi yang akan magang di Universitas Griffith Queensland Australia itu merupakan tahap pertama dari janji Gubernur Viktor Laiskodat yang akan mengirim 10.000 pemuda-pemudi untuk magang di luar negeri. Sesuai rencana, mereka akan diberangkatkan ke Australia pada September mendatang karena lamanya mengurus visa yang bisa memakan waktu 68 hari.

“Pengiriman peserta magang ini dalam rangka peningkatan sumber daya manusia (SDM) untuk menciptakan wirausahawan di bidang pariwisata,” kata Sisilia.

Sedangkan untuk dalam negeri, lanjutnya, sedang dilakukan penjajakan kerja sama dengan sejumlah Balai Latihan Kerja (BLK) di Serang, Banten dan Bekasi. Sementara dengan BLK di Semarang, sudah ada kerja sama. Mereka yang dikirim akan mengikuti pendidikan selama sebulan di sejumlah BLK yang telah dikerjasamakan.

“Kita minta Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja kabupaten/kota untuk melakukan perekrutan karena yang dikirim adalah anggota koperasi. Sehingga modal awal untuk usaha di-backup oleh koperasi,” pungkas Sisilia.