Wali Kota Kupang Bagikan Seragam Sekolah Bagi Seluruh Siswa TK, SD, dan SMP

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore membagikan bantuan pakaian seragam sekolah secara simbolis untuk siswa-siswi TK, SD dan SMP di Kota Kupang, di halaman depan Kantor Dinas Pendidikan Kota Kupang.

Saat penyerahan seragam, Wali Kota Kupang didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Kupang, Filmon Lulupoy dan jajaran staf dinas.

Acara penyerahan pakaiam seragam juga dihadiri siswa-siswi SD, dan SMP yang datang dari berbagai sekolah, perwakilan masing-masing yang ada di Kota Kupang. Pakaian seragam sekolah ini nantinya akan didistribusikan ke semua sekolah untuk dibagikan, mulai dari TK, SD dan SMP. Target penerima bantuan seragam ini sebanyak 58.459 siswa-siswi.

Usai Penyerahan secara simbolis kepada salah satu penerima, Wali Kota Jefri Kore dalam sambutannya mengatakan, kenapa pemerintah mau memberikan bantuan seragam ini, untuk menjawab kualitas pendidikan di Kota Kupang.

“Banyak yang bertanya di saya, kenapa harus memberikan pakaian seragam untuk menjawab tuntutan peningkatan kualitas pendidikan, saya selalu menjawab bahwa, mungkin orang tidak merasa penting dengan pakaian segaram ini, tetapi bagi masyarakat kecil pakaian seragam sekolah ini sangat bermanfaat,” kata Wali Kota.

Jefri mengaku, untuk memenuhi semua kebutuhan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di Kota Kupang, tentunya tidak bisa hanya dengan pakaian seragam, ada sarana prasarana, fasilitas penunjang dan sumber daya tenaga pendidik yang berkualitas.

“Anggaran pakaian seragam ini didapatkan dari rasionalisasikan anggaran perjalanan dinas, jadi rasionalisasi anggaran ini digunakan untuk pembangunan taman, pakaian seragam dan lainnya,” katanya.

Jefri bercerita, dia pernah berkunjung di rumah salah satu warga di Alak, satu pasang pakaian seragam digunakan oleh tiga anak, artinya satu anak kembali dari sekolah, barulah diganti ke anak yang satu dan begitu setiap hari.

“Saya tentunya tergerak dengan keadaan ini, hal-hal yang dianggap sepele oleh sebagian orang, ternyata sangat berarti bagi masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang, Filmon Lulupoy, mengatakan, anggaran yang digunakan untuk pakaian seragam ini sebesar Rp 6 miliar lebih, diambil dari APBD tahun 2019 yang dianggarkan pada anggaran murni lalu.

Filmon menjelaskan, bantuan pakaian seragam sekolah ini akan dibagikan di SMP Negeri dan Swasta sebanyak 54 sekolah, SD Negeri dan Swasta 143 sekolah, dan TK 112 sekolah. Total yang menerima bantuan ini 58.459 orang siswa-siswi di Kota Kupang.

“Tujuan pemerintah Kota Kupang memberikan bantuan seragam sekolah ini adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan cara pemenuhan kebutuhan siswa,” katanya.

Filmon menjelaskan, jadi seragam sekolah merupakan kebutuhan siswa-siswi, dan kedepan pemerintah juga akan memberikan bantuan sarana prasarana dan peningkatan kualitas tenaga pendidik.

Filmon juga mengaku, untuk pembagian pakaian seragam ini, ada sekolah yang menolak bantuan pemerintah tersebut. Sekolah yang menolak bantuan adalah SD, SMP, dan SMA Dian Harapan. Selain itu masih ada penolakan dari beberapa sekolah swasta di Kota Kupang, namun sifatnya individu.