TNI AL Bagi Air Bersih Untuk Warga Perbatasan Silawan

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Atapupu menyalurkan bantuan berupa air bersih yang diberikan kepada warga di Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan Indonesia dengan Timor Leste.

Salah satu wilayah yang diberikan bantuan air bersih yakni Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur berbatasan langsung dengan Distric Bobonaro, Timor Leste. Setiap musim kemarau, wilayah Silawan selalu krisis air bersih sehingga warga setempat sering kesulitan air bersih.

Aksi wujud peduli terhadap sesama TNI Posal Atapupu yang membagi-bagikan air bersih secara gratis untuk kebutuhan warga Desa Silawan dilakukan pada Sabtu (29/6/2019) kemarin.

Menurut Danposal Atapupu, Letda(T) Asri Rahim, bantuan air bersih secara gratis itu diberikan kepada warga perbatasan Silawan yang mengalami krisis air bersih disaat musim kemarau yang sedang melanda daerah Belu.

Sasaran pemberian bantuan air bersih kepada warga yang berdomisili di Dusun Nanaeklot RT 002/RW 004, Desa Silawan. Letda Asri berharap dengan adanya bantuan air bersih ini bisa membantu kurangi kesulitan warga di musim kemarau saat membutuhkan air bersih.

“Meski bantuan kita tidak sepenuhnya tapi dengan sedikit bantuan ini bisa bantu warga yang membutuhkan air bersih,” ucap dia.

Bantun air bersih yang disuplay menggunakan mobil tanki bersama dengan Anggota Posal Atapupu Serka Mes Domi B M, Serda Mar Rico, Pratu Mar Alwi dan Pratu Mar Rafly yang bagikan air bersih pada warga setempat.

Untuk diketahui, setiap memasuki musim kemarau wilayah Desa Silawan selalu dilanda kekeringan, akibatnya warga setempat mengalami kesulitan memperolehkan air bersih untuk kebutuhan hidup.

Terpisah, mantan Kepala Desa Silawan, Ferdinandus Bili Mones saat dihubungi media, Minggu (30/6/2019) menuturkan, setiap musim kemarau warga hanya berharap pada jaringan perpipaan.

Jelas dia, ada lima dusun dalam wilayah Desa Silawan yang masih mengalami kesulitan air minum saat musim kemarau. Faktor utama adalah keterbatasan sumber air baku dan debit air di sumur bor berkurang saat musim kemarau tiba.

“Ini pertama kali, terimakasih dari TNI Posal Atapupu yang berikan bantuan air bersih untuk warga Silawan,” kata Ferdi Mones.