Lagi, Satu Unit Kos-Kosan Di Ruteng Hangus Terbakar

Bagikan Artikel ini

Laporan Alvaro Saputra Marthin
Ruteng, NTTOnlinenow.com – Lagi, satu unit Kos-Kosan di Kampung Tenda, kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, NTT hangus terbakar.

Kos tersebut diketahui milik Primus Unu, warga kampung Tenda yang saat ini tengah berdomisili di Surabaya, Jawa Timur.

Kos itu berukuran 6×7 meter persegi, dihuni 5 (lima) orang, 3 (Tiga) orang mahasiswa UKI St. Paulus Ruteng dan 2 (Dua) orang lainnya siswa SMA di seputaran kota Ruteng.

Kejadiannya, Jum’at (28/6/2016), sekitar pukul 11.00 wita (siang).

Beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian naas itu. Namun rumah dan seluruh isiannya hangus dilahap api, termasuk ijazah milik penghuninya.

Saat kejadian itu berlangsung, penghuni kos sedang berlibur atau tak berada ditempat.

Kos tersebut persis bersebelahan dengan kediaman, Stefanus Unu, saudara kandung Pemilik Kos, yang selama ini dipercaya untuk menjaga atau mengotrol kos-kosan tersebut.

Sejumlah rumah yang berada disekitarnya nyaris menjadi sasaran amukan si jago merah. Termasuk kediaman milik Stefanus Unu. Sebagian atap dan plafon rumah milikya terpaksa dirusaki warga agar api tidak merembat dan menghanguskan rumahnya.

Beruntung berkat kesigapan warga bersama sejumlah aparat Polisi Pamong Praja (Pol PP) dan dibantu dengan satu unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) milik Pol PP, api berhasil dipadamkan, walaupun kos-kosan itu hangus rata dengan tanah.

Di Tempat Kejadian Perkara (TKP), sesaat setelah api berhasil dipadamkan, Stefanus Unu, Kepada NTTOnlinenow. Com, menuturkan, saat kejadian itu berlangsung, dirinya sedang dalam perjalanan pulang kantor.

Namun betapa terkejutnya Ia, ketika Dirinya pertama kali mendapat informasi dari keluarganya melalui telepon seluler miliknya.

“Saat kejadian saya masih dalam perjalan pulang kantor. Saya kaget setelah dikontak oleh saudara saya via telepon,” tutur Stefanus.

Hingga kini, penyebab kebakaran sendiri belum dapat diketahui. Namun, Stefanus, mengungkapkan, pagi sebelum dirinya ke kantor, listrik dalam kos tersebut dalam kondisi mati.

“Tadi pagi saya sudak cek kedalam kos ini. Listriknya saya matikan dimeterannya, karena tidak ada penghuninya,” ujarnya.
Selain, Satpol PP dan warga, sejumlah aparat kepolisian dari Polres Manggarai juga diterjunkan ke TKP untuk mengolah TKP. Di TKP, Polisi langsung memasang police line dan meminta keterangan sejumlah saksi mata.