Rumah Merah Putih di Batas RI-RDTL Jadikan Babinkamtibmas Polres Belu Raih Penghargaan Kapolri

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Terobosan Brigadir Polisi Krispianus Ola Komek Babinkamtibmas pada Polsek Kakuluk Mesak dalam memberantas buta aksara melalui program Rumah Merah Putih menghantar dirinya meraih prestasi tingkat nasional.

Atas prestasi yang ditoreh Anggota Polres Belu di wilayah Timor Barat perbatasan RI-RDTL itu, Kresna sapaan akrab Brigpol Krispianus Ola mendapat penghargaan dari Kapolri Jendral Tito Karnavian di Jakarta pada Rabu, (12/06/2019) lalu sebagai peringkat kedua Polisi Teladan Nasional 2019.

Rumah Merah Putih merupakan salah satu program unggulan Polres Belu dibawah kepemimpinan Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing. Rumah Merah Putih terletak di Desa Kabuna, Kecamatan Kakuluk Mesak.

Fasilitas Rumah Merah Putih dilengkapi dengan sarana belajar seperti bangku, meja, papan tulis, buku dan juga alat tulis yang dimanfaatkan sebagai sarana untuk memberantas buta aksara di desa beranda terdepan NKRI.

Brigadir Kresna sejak 11 Oktober tahun 2016 hingga saat ini mengisi waktu luangnya dengan mengajar puluhan warga binaannya baik anak-anak maupun orang dewasa termasuk orang tua tanpa mendapat imbalan apapun dengan bermodalkan spidol dan sebuah papan tulis.

Aktifitas Brigpol Kresna memberantas buta aksara sebelum dibangun Rumah Merah Putih selalu mengajar warga baik orang dewasa maupun anak-anak dibawah naungan pohon-pohon yang berada disekitaran pemukiman warga.

Berkat ketekunan dan kesabaran Babinkamtibmas Polsek Kakuluk Mesak dalam mengajar membuahkan hasil yang luar biasa, dimanawarga yang dulunya tidak mengenal huruf dan angka akhirnya bisa membaca dan menulis.

Tidak saja dijadikan fasilitas atau sarana belajar mengajar, keberadaan Rumah Merah Putih terbilang sangat bermanfaat bagi warga sekitarannya dalam hal pembinaan masyarakat guna menekan angka kriminal.

Kepada media, Rabu (26/6/2019) Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing membenarkan Anggotanya Brigpol Kresna berhasil meraih prestasi sebagai polisi teladan tingkat Nasional tahun 2019.

Dikatakan, ini kan seluruh Indonesia, kemudian dilakukan penjaringan tinggal 6 orang yang memenuhi kriteria sesuai indikator penilaian, termasuk Kresna. “Kemudian dari 6 orang dinilai atau disaring lagi dan Kresna meraih posisi terbaik kedua sebagai polisi teladan,” ujar dia.

Selaku Pimpinan Polres Belu, Tobing mengapresiasi dan menyampaikan profesiat kepada Brigpol Kresna yang karena kemampuannya berdinas diluar kedinasan dan berhasil meraih prestasi itu.

“Tentunya ini merupakan reward dari pimpinan tertinggi (Kapolri) bagi anggota yang memilik prestasi dan memeliki kemampuan lebih berdinas diluar dari tugas kedinasan,” ucap dia.

Tobing berharap prestasi yang diraih Brigpol Kresna ini menjadi contoh dan motivasi bagi anggota lain khususnya yang ada di Polres Belu untuk bisa lebih meningkatkan kinerja, kemudian berupaya berinovasi memiliki kemampuan, meningkatkan sumber dayanya dalam menjalankan tugas melayani masyarakat melalui upaya pre-emtif dan preventif.

Lanjut Tobing, kedepan akan berkoordinasi dengan Pemkab Belu agar Rumah Merah Putih dapat dibangun di wilayah Polsek Kecamatan lain se-Kabupaten Belu.

Masih menurut Tobing, program Rumah Merah putih Polres Belu sudah ada sejak tahun 2016 dan secara fisik (sarana) dibangun awal 2018 untuk pengentasan buta aksara warga di perbatasan Belu.