BPNT Lewat APBD Belum Dicairkan

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Daerah yang menggunakan dana APBD Kota Kupang, belum bisa dinikmati 3.000 keluarga kurang mampu di Kota Kupang. Pasalnya, Dinas Sosial baru saja menandatangani MoU atau kerjasama dengan Bank NTT untuk pencairan BPNT daerah.

Kepala Dinas Sosial Kota Kupang, Drg Retnowati, mengatakan, dalam waktu dekat BPNT daerah sudah bisa dicairkan, pasalnya ada beberapa tahapan proses yang dilalui sehingga membutuhkan waktu beberapa bulan.

Menurutnya, ada pergantian data penerima BPNT daerah, karena ada yang sudah tidak lagi dikategorikan miskin, ada yang sudah pindah, meninggal dan lainnya, sehingga data penerima BPNT harus diproses dan diperbaharui setiap tahun.

“Jadi jika penerima BPNT ini merupakan penerima yang sudah terdata, maka tentunya penerima mendapat BPNT terhitung sejak Januari sampai Juni, sementara jika penerima atau KK miskin yang baru dimasukan dalam daftar penerima BPNT, maka dia hanya mendapatkan pada bulan Juni sampai Desember nanti,” katanya.

Menurut Retno, ada beberapa faktor yang mempengaruhi seseorang menjadi miskin, misalnya kepala keluarga meninggal, bencana alam, bencana sosial dan lainnya.

“Jadi tidak semua penerima bukan berarti mereka akan menjadi penerima BPNT tetap, bisa saja berubah, karena sudah tidak miskin lagi, dan digantikan dengan keluarga miskin baru,” ujarnya.

Drg Retno mengaku, memang yang bermasalah hanya BPNT Daerah karena masih menunggu proses kerjasama dengan Bank NTT, sementara untuk BPNT Nasional bekerjasama dengan Bank BRI.

“Jadi BPNT Nasional selama ini berjalan lancar tidak ada kendala, saya hanya ingatkan saja, agar setiap bulan minimal harus ada transaksi, jangan sampai masyarakat berpikir bahwa bisa menabung dan beberapa bulan baru dipakai, karena jika tidak ada transaksi maka uang yang ada di kartu E-Waroeng itu akan ditarik kembali,” ujarnya.