NTT Jadi Tuan Rumah Rakernas ADPSI 2019

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi DPRD Provinsi Seluruh Indonesia (ADPSI) yang rencananya digelar pada 25 – 28 Juni 2019 mendatang.

Ketua DPRD NTT, Anwar Pua Geno didampingi tiga Wakil Ketua yakni Yunus Takandewa, Alexander Take Ofong dan Gabriel Beri Bina serta Sekretaris DPRD NTT, Tobias Ngongo Bulu sampaikan ini kepada wartawan di Kupang, Selasa (11/6/2019).

Menurut Anwar, pelaksanaan Rakernas yang juga dirangkai dengan Musyawarah Nasional (Munas) ADPSI selama empat hari itu akan dipusatkan di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, karena daerah tersebut merupakan salah satu dari 10 destinasi wisata unggulan tingkat nasional.

“Kami sengaja pilih tempat di Labuan Bajo, karena sejalan dengan semangat Pemerintah Provinsi dan masyarakatnya untuk menjadikan daerah ini sebagai daerah pariwisata,” ujar Anwar.

Dia menyebutkan, peserta yang akan hadir pada kegiatan dimaksud yakni para pimpinan dewan provinsi se Indonesia, seluruh ketua DPRD kabupaten se NTT, anggota DPRD Provinsi NTT, para pimpinan Asosiasi DPRD Kabupaten Se Indonesia (ADKASI) dan pimpinan Asosiasi DPRD Kota Se Indonesia (ADEKSI).

“Panitia nasional juga bersurat ke beberapa menteri kalau seandainya Presiden tidak bisa hadir untuk acara pembukaan nantinya. Selain itu, Menteri Keuangan dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, akan memberikan ceramah umum, kemudian diskusi berbagai hal tentang fungsi-fungsi DPRD dan pemerintahan daerah,” sebutnya.

Pada kesempatan itu, Anwar mengatakan pada momentum kegiatan nasional yang digelar di daerah itu, merupakan kesempatan untuk terus memperkenalkan tentang potensi pariwisata NTT kepada para peserta sekaligus kepada dunia internasional.

“Pada hari terakhir nanti, para peserta dari 34 provinsi se Indonesia akan diisi dengan kunjungan ke sejumlah tempat wisata, mereka akan disuguhi dengan keindahan alam di Labuan Bajo dan sekitarnya,” tandasnya.

Sekretaris DPRD NTT, Tobias Ngongo Bulu menyampaikan, hingga hari ini, Selasa (11/6) sebanyak 25 provinsi sudah mendaftar dan menyatakan kehadirannya pada kegiatan Rakernas dan Munas ADPSI 2019.

“Baru 25 provinsi yang mendaftar, namun antusiasnya begitu besar, dan per hari ini total peserta yang sudah mendaftar dan menyatakan hadir sebanyak 128 orang, dan kami masih terus melakukan komunikasi terkait persiapan acara ini” kata Tobias.