Personel Gabungan TNI-Polri Siap Amankan Kunjungan Presiden Jokowi ke Perbatasan Belu

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Kurang lebih 1.489 personel gabungan TNI, Polri ditambah unsur Pemda Satpol PP Belu siap mengamankan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo bersama rombongan ke Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste, Senin (20/5/2019) besok.

Menurut Danrem 161/WS, Brigjen TNI Syaiful Rahman apel gelar pasukan hari ini untuk mengecek sejuah mana kesiapan personel gabungan dalam pengamanan VVIP Presiden Jokowi bersama rombongan ke Kabupaten Belu.

“Pengamanan VVIP dari TNI dan Polri, dan komponen lainnya berikan pengamanan yang terbaik dan maksimal,” kata dia dalam arahan apel gelar pasukan di lapangan umum Atambua, Minggu (19/5/2019).

Kepada personel diminta agar melaksanakan tugas sesuai dengan protap yang telah ditetapkan. Paham tugas dan tingkatkankan kewaspadaan dan jangan lalai selama pengamanan.

“Pahami dan dilakasanakan pengamanan sebaik-baiknya sehingga kunker ini dapat berjalan dengan aman dan lancar,” tandas Syaiful.

Lanjut dia, tugas pengamanan VVIP ini adalah tugas yang mulia dibebankan kepada kita. “Kita harus wujudkan keamanan ini, kita harus menjaga keamanan ini khususnya di wilayah Belu selama lakukan pengamanan,” pinta Danrem 161 itu.

Masih menurut Syaiful, kita sudah melaksanakan apel gelar pasukan dan seluruh pasukan yang terlibat dalam satgas pam di NTT kunjungan Presiden Jokowi dalam rangka meresmikan bendungan Rotiklot kita sudah siap.

“Kondisi wilayah siap dan kesiapan sudah 100 persen kita siap. Jadi kita sudah siap dengan jumlah pasukan rincinya 1.489, namun kita ketahui pasti dari unsur Pemda Satpol PP dan Satgas yang siap dukung pengamanan ini,” tambah dia usai apel gelar pasukan.

Saat ditanyai mengenai ancaman dalam kunjungan tersebut, jelas Syaiful sampai dengan sekarang tidak ada ancaman signifikan dalam kunker Presiden Jokowi.


Kita sudah antisiapsi sejak awal, kita adakan koordinasi dengan masyarakat yang kira-kira timbul kerawanan sehingga sampai sekarang informasi dari intelejen tidak ada yang dikawatirkan.

Untuk diketahui, sesuai jadwal dalam kunjungan kerja itu Presiden Jokowi didampingi Ny. Iriana Joko Widodo akan meresmikan Bendungan Rotiklot yang terletak di Desa Fatuketi, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste.

Selain itu akan melepas 1.000 benih ikan nila, mujair dan karpel di Bendungan, juga menanam sejumlah anakan pohon seperti pohon beringin, kelor, jamblang, flamboyan dan pule dalam kompleks Bendungan Rotiklot.